Dreamland
>
Berita
>
Article

Korea Utara Serius Ingin Berdamai Dengan Korea Selatan, Akankah Republik Korea Bersatu?

12 November 2015 09:16 | 3198 hits

DREAMERS.ID - Di bawah kepemimpinannya yang dianggap diktator dan kejam, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ternyata berniat untuk berdamai dengan negara saudaranya Korea Selatan secara serius. Hal ini diungkapkan oleh Tiongkok yang sempat bertemu Kim Jong Un.

Liu Yunshan yang juga orang nomor 5 di Partai Komunis Tiongkok mengatakan jika Kim Jong Un berniat untuk "menurunkan ketegangan dan memperbaiki hubungan dengan Korsel”. Pembicaraan ini terjadi saat Liu mengunjungi Pyongyang Oktober lalu.

Dalam rangka Ulang Tahun Partai Pekerja Korut yang ke-70 itu, Liu memprediksi hubungan Korsel dan Korut akan membaik tapi tidak dalam waktu dekat karena prosesnya “membutuhkan cukup banyak waktu”, mengutip Metro TV.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Tiongkok tentu saja mendukung perdamaian terjadi di Semenanjung Korea walau isu bersatunya Republik Korea belum menjadi perdebatan leih lanjut. Namun pernyataan Kim Jong Un tersebut telah disampaikan kepada para pejabat Korsel yang diwakili oleh Suh Chung Won.

Di tangan Kim Jong Un, Korea Utara memang terkenal dengan kekejaman internalnya setelah mulai berkuasa pada Desember 2011. Ia melakukan serentetan eksekusi orang-orang terdekatnya yang membuat dunia meragukan akan niat baiknya untuk berdamai dengan Korea Selatan.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio