Dreamland
>
Berita
>
Article

Usung Pahlawan Budaya Nasional, Petisi Pak Raden Ditandatangani 20.000 Orang

05 November 2015 13:20 | 1482 hits

DREAMERS.ID - Sepeninggal seniman Pak Raden yang terkenal dengan karakter ciptaannya, ‘Si Unyil’, dunia seni Indonesia memang berduka. Karya seninya yang melegenda dianggap menjadi warisan bangsa yang patut dilestarikan.

Pak Raden atau yang memiliki nama asli Drs. Suyudi ini menghembuskan nafas terakhir pada 30 Oktober kemarin di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Pusat mendapatkan respon besar dari masyarakat untuk menjadikannya seorang pahlawan nasional.

Hingga berita ini ditulis,petisi yang berjudul ‘Jadikan Pak Raden (Drs Suyudi) sebagai Pahlawan Budaya’ telah ditandatangani oleh 20.057 orang, padahal petisi ini baru dimulai pada 2 November kemarin.

Target petisi ini adalah 25.000 orang, dibuat oleh sebuah LSM asal Bali dan ditujukan ke Kementerian Sosial. Kurang beberapa ribu lagi untuk mencapai target dan menjadikan maestro lukis Indonesia ini menjadi Pahlawan Budaya.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Kenang 'Pak Raden' Suyadi Sang Pencipta Boneka 'Si Unyil'

"Beliau ini pahlawan budaya karena karya-karyanya bisa mengubah hidup orang banyak." Ujar budayawan, Jajang C. Noer.

Pak Raden memang dianggap sebagai pemberi pesan moral budaya kepada anak-anak dan bangsa Indonesia melalui media seni. Karyanya yang fokus pada anak-anak dianggap sudah sulit ditemukan pada film anak-anak yang ada sekarang.

Dukungan masih mengalir dan ajakan tandatangan petisi masih berlangsung hingga sekarang. Jangan lupa untuk ikut mendukung gelar Pahlawan Budaya Pak Raden bisa langsung ke tautan berikut ini.

(rei/Berbagai Sumber)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio