Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wah, 2 Juta Ban Ini Tertanam di Kedalaman 7000 meter Pantai Lepas, Florida!

08 September 2014 17:17 | 3766 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kemana ban mobil yang sudah tak terpakai akan dibuang? Jika kelompok nirlaa Broward Artificial Reef yang terdiri dari kelompok nelayan ini membuang ban yang tak terpakai ke laut lepas di Florida, Amerika Serikat.

Dilansir dari AmusingPlanet, hal tersebut dilakukan pada musim semi tahun 1970an untuk menciptakan karang menggunakan ban bekas yang ditenggelamkan di kedalaman 7000 meter patai Fort Lauderdale, Florida. Mereka yakin bahwa karang akan menempel dan tumbuh dan menyediakan habitat tambahan bagi kehidupan laut.

Sayangnya, hal tersebut tak berjalan dengan baik, sekitar 40 tahun kemudian, ban yang ditanamkan tersebut masih ada dan menyebabkan hal yang berbahaya untuk ekosistem laut. Ban-ban tersebut telah melewati badai tropis dan angin topan, sehingga menyebabkan kerusakan di sekitar terumbu karang yang sudah ada.

Baca juga: Perusahaan Ini Tawarkan Sensasi 'Liburan Dalam Mimpi'

Karena air garam laut, ban yang dikaitkan bersama klip baja dan tali nilon ini cepat berkarat dan secara efektif mencegah pertumbuhan organisme baru. Sejak tahun 2001, banyak organisasi telah berusaha untuk melakukan pengangkatan ban dari dasar laut. Dan pada tahun 2009 sudah 73000 ban yang berhasil diangkat dari pantai Fort Lauderdale.


Ternyata, hal ini bukan satu-satunya di dunia! Usaha menumbuhkan terumbu pun dilakukan di Indonesia, Malaysia, Australia, Mexico dan Afrika. Dan menurut Ocean Conservancy International Coastal Cleanup, sekitar 11956 ban telah diangkat dari pantai seluruh dunia.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio