Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Gauss Ancaman Malware Canggih Setelah Flame

13 Agustus 2012 18:00 | 6423 hits

Kemajuan teknologi informasi terus diikuti dengan munculnya virus-virus yang  berbahaya. Perusahaan keamanan internet Kaspersky menemukan satu lagi malware bernama Gauss. Malware ini juga sangat berbahaya seperti Stuxnet, Duqu dan Flame yang menyerang Iran.

Meski sebagai ancaman baru, tetapi sejatinya Gauss di bangun berdasarkan kode yang sama seperti Flame, sehingga secara khusus menargetkan data sensitive. Tampaknya ini merupakan malware sejenis spionase cyber.

“Gauss seperti negara yang mempunyai bank Trojan dan menyimpan hulu ledak ini tanpa diketahui sasaran utamanya,” tutur pihak Kasperskyseperti dilansir dari detiknet.

Baca juga: akmu

Sebenarnya Gauss terdeteksi dalam sebuah operasi yang diprakrasai oleh International Telecommunication Union (ITU) dalam upaya menginvestigasi ancaman lain dari Flame, yang malah menemukan malware lainnya.

Kaspersky mengatakan alasan malware ini dijuluki Gauss karena modul utamanya mengunakan metode dari matematikawan Jerman Johann Carl Friedrich Gauss.

Sementara Flame, Stuxnet, dan Duqu tampaknya ditujukan untuk Iran, Gauss secara khusus menargetkan bank Lebanon, serta rekening Citibank dan PayPal. Gauss mencuri browser history, cookies, password, dan konfigurasi sistem.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio