Dreamland
>
Berita
>
Article

CIO Kakao Investment Ditangkap Polisi Atas Dugaan Manipulasi Saham SM Entertainment

19 Oktober 2023 11:55 | 331 hits

DREAMERS.ID - Chief Investment Officer atau Kepala Investasi Kakao Corp. Bae Jae Hyun ditangkap polisi pada Kamis (18/10) atas dugaan manipulasi saham sehubungan dengan akuisisi SM Entertainment.

Melansir Yonhap News, Pengadilan Distrik Selatan Seoul mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Bae Jae Hyun dengan alasan kekhawatiran tentang kemungkinan hilangnya barang bukti dan risiko melarikan diri ke luar negeri.

Bae Jae Hyun diduga melakukan manipulasi saham dalam perang penawaran yang dilakukan Kakao melawan HYBE untuk mengakuisisi saham besar di SM Entertainment pada bulan Februari lalu.

Setelah mengakuisisi 14,8 persen saham SM dari Lee Soo Man, HYBE menawarkan untuk membeli saham SM dari pemegang saham kecil dengan harga 120.000 won per saham. Namun, mereka kemudian menghentikan tawaran pengambilalihan ketika harga pasar saham SM jauh melebihi harga yang ditawarkan.

Baca juga: Taemin SHINee Secara Pribadi Ungkap Rencana Pindah Agensi

Pada bulan Maret, Kakao dan anak perusahaannya Kakao Entertainment bersama-sama memperoleh hampir 40 persen saham di SM, sehingga mendapatkan kendali manajemen atas label K-pop tersebut.

Financial Supervisory Service, pengawas pasar keuangan, mencurigai Bae Jae Hyun dan dua eksekutif Kakao lainnya menggelembungkan harga saham SM dengan menginvestasikan hampir 240 miliar won untuk melampaui harga penawaran tender yang ditetapkan oleh saingan mereka, HYBE.

Mereka juga dituduh mengabaikan deklarasi wajib akuisisi saham mereka.

Sementara itu, Bae Jae Hyun menolak dugaan manipulasi saham, dan menegaskan dalam pernyataannya pekan lalu bahwa akuisisi tersebut dilakukan "secara legal di dalam pasar".

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio