Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ini Kerugian yang Kamu Dapat Jika Tidak Sarapan

29 September 2016 10:00 | 2219 hits

DREAMERS.ID - Tak sedikit orang yang tidak sarapan di pagi hari, entah karena tidak terbiasa atau tidak sempat. Padahal sarapan menjadi hal yang penting untuk kita lakukan di pagi hari. Terutama jika kita sarapan dengan menu yang tinggi protein.

Sarapan dengan menu yang tepat bisa menurunkan tingkat konsumsi makanan pada siang hari. Tapi tahukah kamu apa yang terjadi pada tubuh kalau kita tidak sarapan? Nah, berikut adalah beberapa kerugian yang di dapat jika tidak sarapan.

1. Olahraga pagi tidak maksimal

Kita mungkin saja bisa berolahraga dengan kondisi perut kosong. Tapi, sebenarnya olahraga kita tidak akan cepat, lama, dan efektif seperti biasanya. Contohnya, ketika rutin sarapan di pagi hari, kita bisa berlari selama 90 menit dalam satu minggu.

Nah, kalau tidak rutin melakukan sarapan, waktu tersebut bisa jadi berkurang hingga 70 menit. Tanpa mengonsumsi makanan di pagi hari, kita tidak akan memiliki energi untuk membuat fisik tetap prima ketika berolahraga.

2. Lapar

Rasa lapar memang terdengar remeh, padahal kalau hal itu terus berlangsung dapat membuat rasa kram pada perut. Kelaparan juga bisa membuat kepala sakit hingga mudah marah. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan pada pagi hari. Misalnya, dengan oatmeal yang dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Baca juga: Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar? Ini 5 Penyebabnya

3. Makan berlebihan pada siang hari

Makan siang yang baik seharusnya diisi dengan menu bergizi, tapi tentunya tanpa berlebihan. Contohnya, menu makan siang hari yang baik adalah salad, sayuran, dan protein nabati.

Jika kita melewati sarapan tubuh akan merasa amat lelah dan lapar. Akibatnya, kita akan mengonsumsi makanan yang banyak pada siang hari. Alhasil, hal itu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

4. Tidak produktif

Tubuh tidak akan memiliki “bahan bakar” bila melewati sarapan. Imbasnya, kita tidak dapat berpikir dengan jernih seperti biasanya. Bila hal itu terjadi tentunya akan mengurangi produktivitas kita pada hari tersebut.

Contoh kecilnya, fokus yang menghilang sehingga melupakan pekerjaan yang harus dilakukan. Atau kesulitan untuk mencari berkas pekerjaan di meja kerja. Walaupun terdengar sepele, tapi sebenarnya hal itu tentu bisa mengganggu kinerja kita pada hari tersebut.

(fzh/prevention)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio