Dreamland
>
Musik
>
Article

Yoo Young Jin SM dan Teddy YG Jadi Produser Paling Berpengaruh Abad 21 Versi Billboard

30 Juli 2021 11:00 | 1396 hits

DREAMERS.ID - Dalam artikel terbaru mereka, Billboard memilih lima puluh produser paling inovatif, berpengaruh, dan penting di abad ke-21. Yoo Young Jin dari SM Entertainment dan Teddy Park dari YG Entertainment masuk daftar Billboard 50 Greatest Producers of the 21st Century.

Yoo Young Jin merupakan produser utama di SM Entertainment yang telah menciptakan sederet lagu hits, yang paling dikenal adalah karyanya untuk Super Junior, Shinhwa, dan EXO. Billboard memujinya dengan suara musik khas yang menggelegar dan ketukan adiktif.

"Sebuah roda penggerak penting dalam mesin SM Entertainment, kunci menggelegar Yoo Young Jin dan ketukan tari terus-menerus telah membantu mendorong artis pop Korea menjadi bintang selama lebih dari 20 tahun sekarang," tulis Billboard.

Baca juga: Bersinar Selama 2021, 5 Penulis Lagu dan Produser K-Pop Ini Dinantikan Karyanya Tahun 2022

Diantaranya yang mendunia adalah Sorry Sorry untuk Super Junior, yang menjadi salah satu kesuksesan terbesar grup sebagai King of Hallyu Wave. Sedangkan karyanya yang bagus tapi tidak terlalu dinotis banyak orang adalah Red Velvet 'Butterflies', yang dinilai Billboard bisa sejajar dengan Doja Cat dan Dua Lipa.

Selanjutnya, Teddy Park adalah sosok dibalik lagu-lagu hits dari BIGBANG, 2NE1, dan BLACKPINK. Ia dipuji atas ciri khas musik EDM dan hip hop, yang juga menyentuh genre reggae hingga country. Billboard menyebut lagu 2NE1 'I'm the Best' sebagai karya terbaiknya yang membantu K-Pop menembus AS.

Sementara lagu bagus lain karya Teddy yang tidak terlalu disorot adalah kolaborasi antara artis Amerika Missy Elliott dan G-Dragon BIGBANG berjudul Niliria yang masuk dalam album Coup d'Etat dirilis pada tahun 2013 silam.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio