DREAMERS.ID - Setiap bulannya lembaga Korean Business Research Institute (KBRI) selalu merilis daftar grup idola K-Pop atau penyanyi dalam peringkat reputasi brand. Daftar ini menunjukkan seberapa besar sebuah grup memiliki pengaruh terhadap konsumen.
Untuk bulan Maret ini, KBRI menganalisa sebanyak 157,290,415 sumber data dari 100 grup idola mulai 27 Januari hingga 28 Februari dalam kategori partisipasi, liputan media, komunikasi, dan kesadaran masyarakat.
Angka ini mengalami peningkatan data sebesar 15,17 persen dari bulan Desember lalu, yang merupakan data kompilasi terakhir untuk reputasi brand grup idola. Wanna One masih bertahan di posisi pertama dengan total skor 14.557.865.
Baca juga: Yoon Jisung Akan Segera Comeback di Bawah Naungan Agensi Baru
Menyusul BTS di posisi kedua dengan total skor 13.390.612 dan EXO di posisi ketiga dengan total skor 9.419.865. Ketiga boy group terpanas ini memang kerap bersaing di peringkat teratas reputasi brand, menandakan ketertarikan publik yang tinggi.Berikut adalah daftar 30 besarnya:
1. Wanna One
2. BTS
3. EXO
4. Red Velvet
5. TWICE
6. SEVENTEEN
7. MOMOLAND
8. BIGBANG
9. BLACKPINK
10. SNSD
11. WJSN
12. Oh My Girl
13. BTOB
14. INFINITE
15. SHINee
16. Apink
17. JBJ
18. Lovelyz
19. SECHSKIES
20. NCT
21. Weki Meki
22. WINNER
23. Super Junior
24. GFRIEND
25. MAMAMOO
26. GOT7
27. NU’EST W
28. VIXX
29. APRIL
30. ASTRO
(fzh)