DREAMERS.ID - Sempat berhenti merilis chart K-Pop Hot 100 pada tahun 2014 lalu, Billboard Korea kini kembali dengan imej dan identitas baru. Menurut Billboard pada 21 Desember, hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk memperluas cakupan genre K-Pop.
CEO Billboard Korea yang baru, Kim Jinhee mengatakan, “Ini tidak diragukan lagi merupakan saat yang paling menarik dan penting bagi K-Pop. Namun, tidak banyak saluran media yang mendistribusikan pengalaman atau konten K-Pop berkualitas tinggi kepada publik secara global.”
Dalam pernyataannya, Kim Jinhee juga berharap bahwa dengan diluncurkannya kembali Billboard Korea ini dapat memberikan akses berita seputar K-Pop yang sah, serta data chart yang tepat dan akurat, dan untuk terus membangun brand yang lebih kuat dengan keterlibatan pemirsa secara maksimal berkat program dan konten asli yang disesuaikan.
Baca juga: NewJeans Menjadi Musisi Pertama yang Hiasi Cover 'Billboard Artist' Korea
“Kami bekerjasama dengan para eksekutif dan staf Billboard, terutama divisi editorial dan chart untuk membagun identitas brand baru yang mencerminkan nilai inti dan strategi jangka panjang kami,” kata Kim. “Secara khusus, kemitraan ini akan memungkinkan kami untuk memperkuat dan memperluas kolom K-Pop di Billboard.com dengan berbagai topik yang berkaitan dengan musik dan budaya Korea, sambil mempertahankan tradisi jurnalistik Billboard,” imbuhnya.Billboard juga mengkalim bahwa chart K-Pop Hot 100 yang didasarkan pada formula standar industri Korea serta sistem akumulasi data Billboard yang paling kredibel akan ditampilkan setiap minggunya baik di situs Billboard.co.kr maupun Billboard.com.
“Dengan beragan data streaming, penjualan, dan penyiaran data yang disediakan oleh sumber terpercaya, K-Pop 100 akan terbukti menjadi barometer sejati dari lagu dan artis terpopuler di Korea,” kata Silvio Pietroluongo, Wakil Presiden Grafik dan Pengembangan Data.
(fzh)