Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Musik
>
Article

Kritikus Musik Sebut Unsur Nostalgia Jadi Faktor Kesuksesan NewJeans

14 Agustus 2022 15:45 | 788 hits

DREAMERS.ID - Girl group NewJeans menciptakan sensasi di industri musik dengan membuat rekor yang tidak biasa sejak awal debut mereka. Album debut mereka terjual 262.815 kopi hanya di hari perilisannya, 8 Agustus, membuat rekor penjualan tertinggi pada hari pertama album debut girl group.

NewJeans menunjukkan kekuatan tidak hanya di pasar album fisik tetapi juga di pasar musik digital. Lagu debut ‘Attention’ menduduki puncak chart real-time di empat situs, termasuk Melon, Genie, Bugs, dan FLO, pada hari Jumat pukul 00:00 KST.

‘Attention’ adalah satu-satunya lagu yang telah menyapu empat chart real-time di antara lagu-lagu debut para idola yang dirilis selama lima tahun terakhir.

New Jeans yang banyak ditunggu-tunggu debutnya pada 22 Juli saat mereka merilis MV ‘Attention’ di YouTube sebagai kejutan. Itu adalah langkah unik yang menyimpang dari metode publisitas umum di mana mereka mengungkapkan beberapa informasi awal seperti foto konsep dan video teaser sebelumnya.

Seorang kritikus musik populer Kim Do Heon mengatakan, "Girl group K-pop biasanya merilis banyak konten teaser ketika mereka debut, sedangkan NewJeans mengejutkan banyak orang dengan menyatukan berbagai informasi seperti musik dan fashion.”

Selain pengaruh CEO ADOR Min Hee Jin dan publisitasnya yang tidak biasa, para ahli menganalisis bahwa gaya musik mereka yang merangsang nostalgia merupakan faktor kesuksesan NewJeans.

Baca juga: 5 Girl Grup K-pop Generasi 4 Paling Populer Saat Ini

Untuk memberikan kesan pertama yang kuat kepada penggemar musik, girl group pendatang baru biasanya merilis musik bernada tinggi sebagai lagu debut mereka, tetapi NewJeans mengisi album debut mereka dengan musik lembut yang menekankan melodi.

Kritikus musik populer lainnya, Jung Min Jae mengungkapkan, "Musik NewJeans berbeda dari tren musik idola karena tidak sulit bagi siapa pun untuk mendengarkannya, dan melodinya pas di telinga.”

Faktanya, alih-alih meminta satu member memamerkan kemampuan menyanyi mereka, lagu-lagu NewJeans dibuat dengan semua suara member yang selaras dengan tenang.

"Ini menyerupai musik genre R&B dan hip-hop yang banyak didengar penggemar musik di tahun 90-an," kata kritikus Jung Min Jae tentang musik NewJeans. "Karena jenis musik ini sudah langka untuk sementara waktu, jadi baru muncul di kalangan generasi muda dan familiar bagi generasi tua."

Kim Do Heon menambahkan, "Saya pikir ini adalah hasil hebat dari seorang perencana K-pop yang merencanakan dengan sangat baik.” Dia berkata, "Musik NewJeans memiliki warna yang unik berkat kombinasi mostalgia dan sketsa CEO Min Hee Jin."

"Jika ada banyak musik berbasis suara elektronik dengan banyak ketegangan baru-baru ini, lagu-lagu seperti 'Attention' dan 'Hurt' oleh NewJeans menunjukkan gaya yang mendekati SES atau Fin.K.L dari tahun 90-an."

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio