Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Sudah Ada di Dealer, Taksi Terbang Siap Mengudara di Jakarta?

01 September 2021 16:17 | 11747 hits

DREAMERS.ID - Bukan hanya sekedar cerita atau fiksi, taksi terbang tampaknya akan bisa digunakan sebagai solusi untuk kemacetan di ibu kota Jakarta. Pasalnya, taksi tervang produksi EHang akhirnya tiba di Jakarta usai diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, April lalu.

Dilansir dari Detik, Taksi terbang EHang yang berwarna hitam putih itu kini sudah berada di dealer Prestige Image Motorcars, Jakarta Utara. Importir umum kendaraan mewah, tersebut berencana mendatangkan layanan transportasi inovatif yang bisa dikatakan baru pertama kali ada di Indonesia.

"Era Urban Air Mobility yang kami impikan dari masa depan telah hadir di depan mata kami. Taksi udara bukan hanya gaya hidup, tapi juga cara baru untuk bepergian. Baik untuk keperluan pribadi maupun sektor lainnya seperti pariwisata," ujar Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim di IIMS Hybrid 2021, JIExpo, Kemayoran.

Selang tiga bulan setelah peluncuran, taksi terbang EHang akhirnya tiba di Jakarta. Hal itu diketahui dari postingan Instagram Stories @_rudysalim, yang diunggah pada 31 Agustus 2021. "Unfolding soon," ujar Rudy Salim dalam unggahan foto EHang di Instagram Stories-nya.

Secara spesifikasi, taksi terbang EHang 216 memiliki muatan maksimum 220 kg dengan kecepatan maksimum 130 km/jam. Ini menggunakan daya listrik 100% untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh emisi.

Taksi terbang sejenis drone ini dapat diisi daya listrik hingga 220v atau 380v dalam 1,5 jam waktu pengisian. Perangkat pengisi daya terhubung secara real time ke sistem manajemen baterai pesawat.

Uniknya, EHang 216 memiliki 16 baling-baling dan 8 lengan yang bisa dilipat, sehingga efektif dan menghemat area parkir karena hanya memakan lahan seluas 5 m². Taksi terbang EHang 216 dirancang menempuh jarak penerbangan 35 km dengan muatan maksimum hanya dalam 21 menit.

Serta mampu mencapai ketinggian hingga 3.000 m, dengan spesifikasi tinggi 1,77 m dan lebar 5,61 m. Landasan pacu untuk pendaratan tidak lagi dibutuhkan, karena EHang 216 hanya membutuhkan ruang pendaratan yang sedikit.

Oleh karena itu, cocok untuk transportasi di daerah perkotaan yang padat karena sesuai dengan kebutuhan mobilitas udara perkotaan dan berfungsi sebagai cara yang efektif mengurangi tekanan kemacetan lalu lintas saat ini.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio