Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Weekend Waktunya Maksimalkan Berjemur dan Tingkatkan Imun!

14 Agustus 2021 10:05 | 1239 hits

DREAMERS.ID - Apa kabar akhir pekanmu di tengah beberapa level PPKM sebulan ini? Jangan kendor jaga kesehatan dan tingkatkan imunmu juga keluarga ya. Ternyata ada pula beberapa tips agar kegiatan berjemurmu lebih maksimal, lho!

1. Cek Indeks UV

Tahukah kamu pentingnya mengecek indeks UV setiap harinya? Info yang beredar berlomba memberikan fakta terkait waktu terbaik berjemur, mulai dari jam sekian hingga sekian dan lain-lain.

Padahal, indeks ultraviolet atau UV setiap harinya dan di setiap daerah itu berbeda-beda. Agar maksimal dan tepat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) biasanya secara berkala memberi tahu prediksi indeks UV di situs resmi atau akun media sosialnya.

Disarankan berjemur matahari di waktu dengan indeks UV yang risikonya rendah. Paparan UV yang terlalu tinggi diketahui malah bisa merusak mata dan kulit, melansir Detik.

2. Gunakan Kacamata Hitam

Bagaimana pun, sinar ultraviolet memiliki efek tidak baik untuk kesehatan mata. Hal ini pun dikonfirmasi oleh WHO yang menyarankan untuk menggunakan kacamata hitam ketika berjemur.

Paparan UV yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama pada mata dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak. Kacamata hitam bisa memberikan perlindungan terhadap UV dan mengurangi risiko kerusakan mata.

3. Setengah Jam Cukup
Pakar Kanker dari dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, mengatakan jangan terlalu lama berjemur sinar matahari. Durasi berjemur cukup 30 menit saja.

4. Sambil Berolahraga
Kamu bisa lakukan kegiatan berjemur dengan menambahkan aktivitas olahraga luar ruangan, lho. Karena selain mendapat keuntungan lebih dari segi kesehatan, kegiatan berjemurmu juga akan tidak lagi membosankan!

5. Gunakan Sunscreen
Penggunaan tabir surya bisa jadi pilihan bila seseorang tidak tahu tingkat risiko UV yang ada saat ingin berjemur. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kerusakan pada kulit.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio