Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Naver Akuisisi Wattpad, Begini Masa Depan Cerahnya dengan Webtoon

20 Januari 2021 17:45 | 617 hits

DREAMERS.ID - Naver mengumumkan akuisisi platform novel web Wattpad pada 20 Januari. Raksasa internet asal Korea Selatan itu akan mengakuisisi 100 persen saham Wattpad seharga 653,3 miliar won (sekitar 8,3 triliun rupiah) pada paruh pertama tahun ini.

Wattpad adalah platform online yang memungkinkan siapa saja membaca dan menulis cerita. Dengan lebih dari 90 juta pengguna bulanan yang menghabiskan total 23 miliar menit setiap bulan, Wattpad merupakan platform bercerita sosial terbesar di dunia.

Naver mengatakan bahwa dengan kombinasi platform Webtoon yang memiliki 72 juta pengguna bulanan, akuisisi tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk memperluas bisnis konten globalnya dengan cara yang lebih stabil dan efisien.

Naver Webtoon membuat model keuntungan yang sukses untuk webtoon melalui Program Bagi Hasil Halaman pada tahun 2013 yang memperkenalkan webtoon bayar-per-tayang dan iklan di webtoon. Naver Webtoon melampaui 3 miliar won (sekitar rupiah) dalam pendapatan satu hari pada Agustus tahun lalu.

Naver, yang memiliki platform domestik untuk novel web Korea, bertaruh bahwa ekosistem untuk novel web dapat dibuat dengan cara yang sama dengan menerapkan model bisnis webtoon yang sukses ke Wattpad, yang tidak memiliki alat monetisasi.

Baca juga: Big Hit dan Naver Dikabarkan Kerja Sama dengan Universal Music Group

Akuisisi ini membuka pintu bagi novel web Korea untuk ditampilkan di Wattpad dan novel Wattpad akan dibuat menjadi webtoon. "Seperti bagaimana artis webtoon Korea dapat memulai karir global dan mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui Naver Webtoon, kami akan membantu artis web novel maju ke panggung internasional," kata CEO Naver Webtoon Kim Jun-koo.

Dengan webtoon Korea yang menjangkau audiens di seluruh dunia, penghasilan penulis webtoon sangat menjanjikan. Gaji rata-rata penulis webtoon adalah 310 juta won (sekitar 3,9 miliar rupiah) pada 2019, menurut Naver.

Lebih lanjut, Wattpad memiliki Wattpad Studio, yang mengembangkan konten video global, memungkinkan kolaborasi antara anak perusahaan pembuat video Naver Webtoon, Studio N. Studio N telah berpartisipasi dalam pembuatan serial drama seperti Netflix ‘Sweet Home’ dan tvN ‘True Beauty’ yang mana didasarkan pada webtoon Naver populer.

Dengan banyaknya novel web di Wattpad yang telah dibuat menjadi serial TV, film, dan animasi dan ditampilkan di Netflix, Naver dapat berharap untuk lebih memperluas pasar kekayaan intelektual dari novel web.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio