Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Merger Yahoo dan LINE, Siap Bersaing dengan Google Hingga Facebook

19 November 2019 12:35 | 583 hits

DREAMERS.ID - Softbank Corp mengumumkan bahwa anak usanhya, Z Holdings atau yang sebelumnya bernama Yahoo Jepang akan melebur (merger) dengan Line Corps, perusahaan aplikasi pesan instan yang berbasis di Tokyo.

Proses merger tersbeut diperkirakan akan rampung pada Oktober 2020. Nantinya, perusahaan gabungan akan dinamakan Z Holdings. SoftBank sebagai induk usaha Yahoo dan Naver, perusahaan teknologi asal Korea Selatan sebagai induk usaha Line akan memiliki saham masing-masing 50 persen, seperti dikutip dari CNN.

Pendiri SoftBank Masaoyshi Son mencoba melakukan merger senilai US$30 miliar itu untuk membangun bisnis teknologi yang dapat bertahan untuk bersaing dengan pemain dunia seperti Google dan Facebook.

Menurut Softbank, alasan utama peleburan usaha ialah perusahaan internet Jepang itu tertinggal jauh di belakang rekan-rekan mereka dari Amerika Serikat (AS) dan China, dan perlu berekspansi ke negara-negara Asia lain agar tetap kompetitif.

CEO Z Holdings Kentaro Kawabe dan CEO Line Takeshi Idezawa mengatakan pada konferensi pers bahwa kebangkitan raksasa teknologi global menimbulkan krisis bagi kedua perusahaan. "Industri ini didominasi oleh 'pemenang yang mengambil peluang semua struktur'. Bahkan jika kedua perusahaan terintegrasi, masih akan ada kesenjangan yang luas dengan para pemimpin teknologi global," kata Idezawa.

Perusahaan-perusahaan mengatakan mereka berharap untuk bekerja sama dalam sejumlah bidang, di antaranya, kecerdasan buatan, pencarian internet, telekomunikasi dan pembayaran mobile. Mereka berdua menghadapi tekanan dari perusahaan teknologi AS, seperti Google, Apple, Facebook, dan Amazon. Kuartet pesaing yang dikenal dengan sebutan GAFA.

"Saya tidak ingin GAFA meninggalkan Jepang, karena saya menikmati YouTube dan saya menggunakan Kindle untuk membaca buku. Tapi kami ingin menyediakan platform domestik lain sebagai alternatif," kata CEO Z Holdings.

Idezawa menambahkan aplikasi pesan instan Line juga populer di Thailand, Taiwan dan Indonesia, sehingga perusahaan gabungan dapat memanfaatkan pijakan itu untuk berkembang secara global.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio