Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Ternyata Waktu Terbaik Minum Kopi Bukanlah Di Pagi Hari
12 Juni 2019 13:16 | 18737 hits

DREAMERS.ID - Minum kopi di pagi hari bagi sebagian orang telah jadi kebiasaan, bahkan keharusan. Alasan paling banyak untuk menambah energi dan menghilangkan kantuk saat memulai aktivitas selanjutnya di pagi hari.

Namun menurut ahli diet, Laura Cipullo, mengutip dari CNBC via Detik, minum kopi di pagi hari dianggap sebagai waktu yang terburuk. Hal ini disebabkan kadar hormone kortisol dalam tubuh yang maish sangat tinggi di pagi hari.

"Batasi kopi saat pertama kali bangun pagi," kata Laura.

Ketika bangun tidur, tubuh menghasilkan jumlah hormone kortisol yang sangat banyak dan menyebabkan tubuh serta pikiran merasa waspada dan cemas. Jika ditambah dengan kafein yang ada dalam kopi, kadar kortisol akan semakin meningkat.

Karenanya, mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi bisa menimbulkan masalah yang banyak, seperti mengganggu produksi kortisol tubuh, hormone yang dilepaskan sebagai respon terhadap stress dan glukosa darah yang rendah.

"Minum kopi ketika tubuh memproduksi lebih sedikit kortisol, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun," kata Cipullo.

Dalam sebuah penelitian oleh Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus tersendiri dan akan mencapai puncak tertinggi pada 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, dan jam 17.30-18.30 walau pada tiap orang mungkin saja berbeda.

Para ahli menyarankan waktu yang paling tepat untuk minum kopi yakni pada saat produksi hormon kortisol mulai menurun antara jam 9.30-11.30, jam 13.30 dan jam 5 sore. 

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(rei)

SUBSCRIBES
'kopi'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio