Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Yuk, Perhatikan Etika-etika Ini Saat Sedang Batuk Agar Orang Lain Tidak Ikut Tertular
06 Desember 2018 13:09 | 1453 hits

DREAMERS.ID - Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, risiko terkena penyakit seperti flu dan batuk akan meningkat. Jika sudah terserang batuk, bukan hanya diri kita yang terganggu. Tetapi, orang sekitar pun akan merasa kurang nyaman karena takut bisa tertular.

Menurut penelitian, sekitar 50 persen orang merasa terganggu ketika rekan mereka terkena batuk. Bahkan, mereka akan menghindar sejauh-jauhnya jika mendapati seseorang sedang batuk.

Agar virusnya tidak menular ke orang lain, inilah beberapa etika yang bisa diperhatikan ketika sedang batuk dilansir dari detikHealth dan laman Healthista.

Tissue atau Sapu Tangan 


Image source: health.detik.com

 

Jangan letakkan tangan di mulut ketika batuk karena virus akan lebih mudah menyebar. Baiknya, selalu sediakan tisu atau sapu tangan jika sedang batuk. Tisu akan lebih higienis karena sifatnya yang sekali pakai-buang. Kalau nggak sadar pakai tangan, segera cuci tangan atau bersihkan menggunakan hand sanitizer.

Jabat Tangan


Image source: health.detik.com

Sekitar 83 persen orang yang sedang batuk terkadang tidak sadar dan merasa senang-senang saja ketika ditawari untuk berjabat tangan dengan rekannya. Kalau sedang batuk, bilang saja sejujurnya jadi tidak usah jabat tangan dulu. Bukan bermaksud tak sopan, tapi lebih baik mencegah daripada menularkan ke orang lain.

Balikkan Badan 


Image source: health.detik.com

Jika situasinya sedang bertemu dengan seseorang atau sedang mengikuti rapat, balikkan badan sedikit jika akan batuk. Bisa juga dengan memundurkan kursi atau berjalan mundur selangkah agar orang lain tidak merasa terganggu dan takut tertular virus.

Konsumsi Vitamin C


Image source: health.detik.com

Konsumsi vitamin C ketika sedang batuk seperti jeruk dapat menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi. Vitamin C juga bisa meredakan nyeri di tenggorokan karena batuk yang lama serta juga bisa mendorong sistem kekebalan dan pertahanan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(nou)

SUBSCRIBES
'tips kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio