Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Ternyata Ada Beberapa Manfaat Memelihara Hewan yang Telah Dibuktikan Riset!
30 November 2018 16:03 | 2066 hits

DREAMERS.ID - Memelihara hewan tak hanya mengusir rasa sepi di rumah. Merawat hewan juga bisa mengajarkan tanggungjawab pada diri sendiri. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan memelihara hewan.

Bahkan, manfaat memelihara hewan ini telah terbukti melalui riset ilmiah. Nah, agar kita semakin yakin untuk memelihara hewan, berikut empat manfaat memelihra hewan yang telah terbukti secara ilmiah.

Manfaat koneksi fisik

Menggelus-elus hewan peliharaan pasti rasanya cukup menenangkan. Kontak fisik semacam ini, ternyata, memiliki efek positif pada kondisi mental kita. Riset yang dilakukan oleh Mental Health Foundation dan Cats Protection, dua organisasi amal di Inggris, telah menemukan manfat besar dari memelihara kucing.

Dalam riset ini, peneliti melihat bagaimana merawat kucing mempengaruhi depresi manusia. Riset dilakukan dengan mempelajari 600 orang yang melihara kucing dan hewan lainnya.

Hasil riset menemukan, 87 persen pemilik kucing mengatakan hewan berbulu ini berdampak positif pada kesehatan mental mereka. Bahkan, sepertiga peserta riset mengatakan membelai kucing adalah kegiatan yang menenangkan dan sangat membantu.

Memperbaiki gaya hidup

Riset yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health telah menemukan hubungan antara gaya hidup dan memelihara hewan. Riset dilakukan dengan mengamati kebiasaan gaya hidup lebih dari 40.000 orang dewasa untuk menentukan seberapa tinggi aktivitas fisik para pemelihara hewan.

Hasil menunjukan, pemilik anjing lebih jarang menggunakan transportasi daripada pemilik kucing atau mereka yang tak memiliki hewan peliharaan. Dengan kata lain, pemilik anjing lebih sering untuk berjalan kaki. Ini berarti memelihara hewan bisa meningkatkan aktivitas fisik kita. Tentu saja, gaya hidup aktif sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.


Image source: instagram.com/@kyo1122

Meningkatkan ketenangan diri

Memelihara hewan juga ampuh mengatasi stres dalam diri. Riset yang diterbitkan di jurnal Psychosomatic Medicine telah membuktikan hal ini. Riset dilakukan dengan meminta peserta untuk menyelesaikan tes matematikan dalam batas waktu yang diberikan.

Peserta dalam riset terdiri dari mereka yang memelihara hewan dan tidak memiliki hewan peliharaan. Hasilnya, peserta yang memelihara kucing atau anjing cenderung tak memiliki peningkatan denyut jantung dan tingkat tekanan darah.

Ketika hewan peliharaan mereka dibawa ke dalam ruangan, peserta yang memelihara hewan membuat kesalahan lebih sedikit saat dilakukan pengujian.

Belajar menjadi pemimpin yang baik

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Rumah Sakit Hewan Banfield dan Kelton Research, memiliki hewan peliharaan dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan profesional kita. Hasilnya, sebesar 86 persen pemilik hewan peliharaan memiliki manajemen waktu dan keterampilan multitasking yang lebih baik karena hewan peliharaan mereka.

Memelihara hewan sejak dini juga memiliki manfaat serupa. Survei membuktikan 99 persen responden mengaku anak-anak mereka lebih berhasil di sekolah jika mereka merawat hewan peliharaan.

Memiliki teman yang mencintai kita apa adanya memang menjadi hadiah terbaik dalam hidup. Hewan peliharaan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan teman yang mencintai kita tanpa syarat.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(nou)

SUBSCRIBES
'hewan peliharaan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio