Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Deretan Jajanan 90an Ini Cocok Untuk Temani Rayakan 17 Agustus!
10 Agustus 2018 14:47 | 3430 hits

DREAMERS.ID - Sebentar lagi, saat nya rakyat Indonesia merayakan hari besar negara kita yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Nah, pada saat perayaan 17 Agustus ini, biasanya akan diisi oleh berbagai macam lomba dan festival lainnya.

Lomba-lomba ini yang diadakan biasanya berkaitan dengan semangat perjuangan juga gotong royong, sama seperti waktu dulu saat para pahlawan kita mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

airy rooms

Kalau untuk urusan kuliner atau jajanan nya, sudah pasti yang berbau Indonesia! Berikut ini ada beberapa jajanan yang terkenal tahun 90an, bahkan masih sampai sekarang.

Es Gabus


Image source: IDN Times

Bagi anak-anak yang lahir di era tahun 90an pasti mengenal jenis es yang satu ini. Sesuai dengan namanya, es ini memiliki tekstur seperti gabus ketika dimakan. Namun rasanya manis dan membuat ketagihan. Apalagi kalau siang hari saat matahari sedang panas-panasnya, jajanan ini akan terasa makin nikmat dan segar.

Rambut Nenek


Image source: IDN Times

Kalau jajanan yang satu ini, memang dari namanya agak terdengar aneh ya.. Tapi tenang aja, rambut nenek atau ada yang menyebutnya arum manis termasuk jajanan yang enak dan digemari banyak kalangan.

Disebut rambut nenek karena bentuknya menyerupai rambut dan berwarna putih seperti nenek-nenek. Rasanya manis dan terkadang diapit oleh opak bundar agar mudah saat memakannya.

Leker

Siapa yang tidak mengenal Leker? Leker adalah kue zaman dulu yang mirip dengan crepe. Tetapi bedanya, kue ini berisi pisang, taburan gula ataupun meses coklat. Pada jaman sekarang ini Leker banyak dikombinasikan dengan rasa atau topping yang lain.

Mulai dari stawberry, blueberry, keju, bahkan sampai isi daging asap sehingga dibuat seperti pizza. Kue Leker enak dinikmati selagi masih panas karena teksturnya yang renyah!


Image source: IDN Times

Kue Rangin atau Pancong

Baca juga: Tumpukan Apresiasi dan Hadiah Manis untuk Johny, Si Pemanjat Tiang Bendera Atambua

Kue Rangin atau kue pancong adalah makanan yang terbuat dari campuran kelapa, santan dan tepung beras lalu dicetak ke dalam cetakan yang mirip dengan cetakan pukis. 


Image source: IDN Times

Untuk memberikan rasa manis, biasanya diberi gula diatasnya. Sama seperti Leker, sekarang ini kue rangin atau pancong ikut dimodifikasi dengan tambahan berbagai topping lain yang bisa dipilih sesuai selera.

Telur Gulung


Image source: IDN Times

Jajanan yang satu ini sepertinya tetap menjadi favorit! Tidak hanya anak SD saja, tetapi juga kalangan remaja. Sekarang ada berbagai varian telur gulung. Ada telur gulung mozzarella, telur gulung sosis, cilor, telur gulung mie dan masih banyak lagi.

Padahal dulu, telor gulung hanyalah telor yang digulung di sebatang lidi kemudian diberi saus. Harganya pun masih sangat murah saat itu, sekitar 500 rupiah. Kalau sekarang sepertinya satu telur gulung bisa kisaran 1000 rupiah.

Mie Lidi


Image source: IDN Times

Yang terakhir ada mie lidi. Mie berbentuk lidi yang rasanya ada asin dan pedas. Mie ini sekarang dipopulerkan lagi dengan berbagai varian rasa. Selain itu, kemasan yang digunakan pun lebih bagus daripada di jaman dulu. Tapi, masih ada juga beberapa penjual mie lidi yang mengemasnya seperti dulu menggunakan plastik bening.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(nou)

SUBSCRIBES
'17 agustus'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio