Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Dapatkan Manfaat Kesehatan dari Puasa dengan Menghindari Hal-hal Ini
16 Mei 2018 19:00 | 1255 hits

DREAMERS.ID - Tak hanya sebagai kewajiban umat Muslim saat Ramadhan tiba, menjalani ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh secara alami.

Namun jika makanan yang dikonsumsi tidak tepat, maka manfaat puasa tersebut menjadi tidak maksimal. Selain itu, memperhatikan asupan saat berbuka dan sahur juga penting demi kelancaran ibadan puasa. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari saat berpuasa menurut ahli gizi Rita Ramayulis.

oppo f9

1. Berbuka dengan makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memperberat kerja organ pencernaan tubuh, akibatnya tubuh mudah lelah. "Saat berpuasa organ tubuh mau detoks, kerja ringan. Konsumsi gorengan (makanan yang digoreng), dicerna dengan enzim lipase di mulut, enggak selesai lalu ke lambung, ke usus halus, berat kerjanya. Makanya sebaiknya konsumsi makanan yang digoreng pindah saat makan malam," kata Rita, mengutip Antara.

2. Berbuka puasa dan sahur dengan minuman yang mengandung sukrosa

Saat berbuka puasa kita, perlu segera menaikkan kadar gula darah hingga menjadi stabil. Sukrosa saja tak cukup, namun diperlukan juga glukosa dan fruktosa. Karena itu jangan minum teh manis yang hanya mengandung sukrosa, tapi konsumsi kurma. Buah ini sangat disarankan karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosanya. Di samping itu kurma juga kaya serat, kalium, potassium dan vitamin A. Selain itu, jus mangga, pisang dan pepaya juga bisa menjadi pilihan. 

3. Sahur dengan total lemak tinggi

"Saat sahur, penuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Pilih makanan yang bisa dicerna lebih lambat dan bertahap. Pilihlah makanan yang mengandung protein rendah lemak agar tubuh tak mudah lelah," kata Rita. Makanan tinggi lemak antara lain makanan yang digoreng.

4. Makanan perangsang asam lambung

Baca juga: Minhyuk dan Kihyun Monsta X Berikan Semangat Ramadhan Buat Penggemar yang Berpuasa

Berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung sebaiknya dihindari. Misalnya makanan yang terlalu pedas, asam, terlalu manis dan mengandung kafein tidak baik dikonsumsi langsung untuk perut yang kosong dalam waktu yang lama.

5. Makanan yang mengandung gas

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti nangka, kol, durian dan minuman berkarbonasi juga jangan dijadikan menu berbuka dan sahur selama puasa. Karena makanan dan minuman ini akan membuat perut tidak nyaman.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh)

SUBSCRIBES
'puasa'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio