Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Tak Hanya Seleb dan Orang Terkenal, Semua Pengguna Twitter Bakal Bisa Dapat Centang Biru
10 Maret 2018 20:30 | 4059 hits

DREAMERS.ID - Semua pengguna Twitter dikabarkan bisa mendapatkan tanda centang biru alias ‘verified’ pada profil mereka. CEO Twitter Jack Dorsey sendiri yang mengungkapkannya dalam siaran langsung melalui platform Periscope belum lama ini.

Sebelumnya, tanda verifikasi ini hanya berlaku pada akun Twitter dengan follower atau pengikut yang banyak, seperti publik figur, selebriti, orang terkenal, lembaga resmi, dan lainnya. Namun dengan pengumuman dari sang CEO, pengguna biasa dapat mendapatkan fitur ini.

airy rooms

Melansir dari CNN, pengguna yang ingin mendapat tanda ini harus mengajukan permintaan ke Twitter untuk mendapat tanda centang biru tersebut. Twitter lantas akan melakukan evaluasi apakah pengguna "pantas" untuk mendapat verifikasi atau tidak.

"Tujuannya adalah untuk membuka verifikasi untuk semua orang," jelas Dorsey. "(Sehingga) orang bisa memverifikasi lebih banyak fakta soal diri mereka sendiri dan kami tak perlu menghakimi atau memberi bias di sisi kami." Meski begitu, ia tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana mekanisme pemberian centang biru untuk umum ini akan dilakukan. 

Kebijakan pemberian centang biru kepada semua pengguna ini dilakukan karena terdapat perbedaan persepsi antara Twitter dengan pengguna. Twitter menganggap centang biru sebagai identitas. Sementara pengguna menganggap centang biru sebagai jaminan kepercayaan.

"Kami menggunakan (lambang itu) sebagai identitas," jelas David Gasca, Direktur Produk Twitter, mengutip The Next Web. "Tapi pengguna berpikir tanda ini sebagai kredibilitas, Twitter berpihak kepada mereka, dan apa yang mereka katakan hebat dan otentik. Padahal bukan itu maksud kami." 

Baca juga: #WelcomeToTwitterBaekhyun! Lucunya Baekhyun EXO Kebingungan Pertama Kali Main Twitter

Dengan memberi kebebasan pengguna untuk menggunakan centang biru di akunnya, Twitter menyerahkan tanggung jawab kredibilitas suatu akun kepada pengguna.

Dorsey juga menyebut bahwa Twitter tidak akan memaksa pengguna untuk menggunakan nama asli untuk akun mereka. Ia juga menekankan bahwa pihaknya akan memberi penekanan terhadap akun parodi untuk menghindari persepsi bahwa cuitan canda akun ini dianggap sebagai fakta.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh)

SUBSCRIBES
'twitter'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio