Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Apple Berhasil Geser Samsung Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Dunia

06 Februari 2018 11:19 | 2146 hits

DREAMERS.ID - Predikat prabikan smartphone terbesar di dunia yang disandang Samsung selama ini berhasil direbut oleh Apple. Menurut datar terbaru dari firma riset International Data Corporation (IDC), iPhone merajai puncak klasemen pengapalan (shipment) smartphone dunia pada kuartal keempat 2017.

Berdasarkan data tersebut, Apple setidaknya sudah mengapalkan iPhone sebanyak 77,3 unit secara global dalam periode itu. Angka ini mengalahkan Samsung yang mencatat pengapalan 74,1 juta unit smartphone dalam periode yang sama.

Melansir Kompas, hal ini membuat pangsa Apple di pasaran smartphone dunia kini mencapai 19,2 persen, sementara samsung menguasai 18,4 persen. Peluncuran tiga model iPhone menjelang akhir tahun 2017, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X diperkirakan berhasil mendorong jumlah pengapalan produk Apple.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Meskipun menjadi pemuncak klasemen pengapalan smartphone dunia, nyatanya besaran pengapalan Apple turun 1,3 persen dari kuartal yang sama tahun lalu. Namun torehan ini tak seburuk Samsung yang turun hingga 4,4 persen.

Hal ini terjadi lantaran pengapalan smartphone memang mencatat penurunan secara global, sebesar 6,3 persen secara year-over-year dari 430,7 juta unit menjadi 403,5 juta unit. IDC juga memperkirakan penurunan disebabkan oleh keengganan konsumen untuk melakukan upgrade dengan membeli perangkat baru.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio