Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Terapkan Pola Makan Empat Kali Sehari Selama Puasa Bisa Buat Berat Badan Ideal

13 Juni 2017 11:15 | 2796 hits

DREAMERS.ID - Perubahan bentuk tubuh merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian setelah menyelesaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ada yang merasa lebih kurus, gemuk, atau bahkan menjadi proporsional dan ideal.

Menurut praktisi gizi klinik dan olahraga, Rita Ramayulis, puasa adalah proses detoks alami. Dengan demikian, setelah puasa seharusnya berat badan seseorang menjadi proporsional. Agar dapat melakukan proses detoks sempurna, faktor penting yang harus diperhatikan adalah pola makan.

Menurut Rita, pola makan selama puasa seharusnya empat kali sehari dengan memenuhi kebutuhan kalori harian, yaitu sekitar 2.100 kkal. Rita pun menjabarkan empat waktu makan yang dianjurkan selama puasa.

1. Sahur

Rita mengatakan bahwa sahur adalah penentu kekuatan tubuh menjalani puasa. Dalam menu sahur harus ada empat kelompok bahan makanan, yaitu karbohidrat, protein, sayuran, dan buah. Jika badan terasa lemas hanya berselang dua hingga tiga jam setelah sahur, berarti ada yang salah dengan cara makan. "Mungkin makan malam porsinya terlalu besar atau terlalu banyak tidur dan istirahat. Setelah sahur, seharusnya biarkan dulu selama dua jam, baru bisa tidur lagi," tutur Rita.

2. Buka puasa

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Salah satu yang paling dicari sebagai menu berbuka adalah minuman segar dan manis. Menurut Rita, kebiasaan itu memang benar, tetapi perlu diperhatikan tingkat kemanisan dan dinginnya air.” Pertama yang masuk ke lambung harus disesuaikan dengan suhu lambung, yaitu sekitar 26-27 derajat Celsius. Boleh di bawah itu, tapi jangan sampai titik beku," ucap Rita.

Minuman manis tersebut harus diseimbangkan dengan setidaknya segelas air mineral. Saat berbuka, hindari makanan berat. Biarkan sistem pencernaan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bekerja menyantap makan malam.

3. Makan malam

Setelah salat Tarawih dan beristirahat, kata Rita, jangan lantas terburu-buru menyantap hidangan. Jumlah asupan harus tetap diperhatikan. "Saat makan malam, pilih karbohidrat sederhana. Ingat juga, jika sudah ada satu lauk digoreng, yang lain jangan gorengan juga," kata Rita. Setelah itu tutuplah makan malam dengan dua gelas air putih.

4. Selingan setelah makan malam

Kekurangan asupan kalori dari makan malam dapat dipenuhi beberapa jam setelahnya. Porsi makanan selingan ini juga tidak boleh terlalu banyak. "Karbohidrat jangan terlalu banyak lagi. Misalnya, kudapan roti bakar dan telur rebus saja untuk makan selingan ini," kata Rita.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio