Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ada Suspek di Indonesia, Perhatikan Gejala dan Penularan Cacar Monyet

04 Agustus 2022 12:30 | 792 hits

DREAMERS.ID - Seorang pria berusia 55 tahun di Jawa Tengah diumumkan sebagai suspek pertama cacar monyet di Indonesia. Wabah cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan oleh WHO sebagai keadaan darurat kesehatan global.

"Seorang laki-laki usia 55 tahun dan bukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), suspek monkeypox, dan saat ini dirawat isolasi di rumah sakit swasta untuk perawatan dan untuk pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan," ujar Juru Bicara Kemenkes, Mohamamad Syahril, mengutip Republika.

Bagaimana gejala cacar monyet?

Menurut Kemenkes, gejala cacar monyet pada manusia mirip dengan cacar air, namun lebih ringan. Gejala dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Perbedaan utama antara gejala cacar air dan cacar monyet adalah bahwa cacar monyet menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati) sedangkan cacar air tidak. Berikut detailnya:

- Sakit kepala
- Demam akut >38,5oC
- Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
- Nyeri otot/Myalgia
- Sakit punggung
- Asthenia (kelemahan tubuh)
- Lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh)

Masa inkubasi cacar monyet biasanya berkisar dari 6 hingga 13 hari tetapi dapat pula 5 hingga 21 hari. Dan akan berlangsung sekitar 2-4 minggu.

Bagaimana penularannya?

Virus cacar monyet dapat menular melalui interaksi sentuhan dengan hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Atau melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi.

Cacar monyet juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen. Virus ini bahkan dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin.

Penularan dari manusia ke manusia dapat melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh penderita. Juga dapat menyebar melalui droplet pernapasan ketika melakukan kontak dengan penderita secara berkepanjangan.

Di antara cara untuk mencegah penularan cacar monyet adalah mencuci tangan dengan benar, memasak daging dengan benar dan matang, serta menghindari kontak dengan hewan atau orang yang diduga terinfeksi virus.

Sementara suspek baru masih dipantau, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kasus suspek monkeypox juga pernah dikabarkan ada di Jawa Tengah. Kasus tersebut memiliki gejala yang mirip dengan cacar monyet. Namun setelah diperiksa, ternyata hasilnya negatif.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio