Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Anti Hoaks, Ini Kata Ahli Soal Kabar Kabel Laut Telkom Putus Digigit Hiu

24 September 2021 15:45 | 1211 hits

DREAMERS.ID - Sejak Minggu, 19 September 2021 malam, jaringan internet Indihome dan Telkomsel down. Hal itu terjadi kerena gangguan pada sistem komunikasi kabel bawah laut Telkom yang melintasi JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

Ramai di sosial media mengatakan bahwa penyebab dari putusnya kabel bawah laut karena digigit oleh ikan hiu. Menurut Wakil Direktur Cyber Security Independence Team of Indonesia, Muhammad Salahuddien Menggalanny menyebutkan kemungkinan putus kabel bawah laut akibat digigit ikan hiu sangat kecil sekali. 

Melansir laman CNN Indonesia, ia menjelaskan bahkan bisa dibilang insiden kabel bawah laut putus disebabkan gigitan ikan hiu hampir tidak pernah terjadi, "Kenyataannya hampir tidak ada," kata Salahuddien.

"Karena material kabel bawah laut (tabung pelindung/shell tube) adalah bahan yang tidak menarik minat biota baik daya tarik agresivitas, reproduksi dan konsumsi," lanjutnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Salahuddien menjelaskan bahwa material kabel bawah laut memiliki pelindung yang tahan terhadap tantangan fisik lingkungan seperti tekanan air dan arus bawah laut yang kencang, benturan, tekukan dan termasuk tahan terhadap tusukan atau gigitan dari biota bawah laut. Yang dalam hal ini adalah ikan hiu.

Di sisi lain, Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono, mengatakan bahwa proses perbaikan perbaikan kabel bawah laut JaSuKa akan memakan waktu selama satu bulan. Menurutnya, waktu sebulan ini diperlukan untuk proses penyambungan kabel laut yang perlu didahului berbagai persiapan.

Seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan dan kelengkapan yang diperlukan pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio