Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Benarkah Minum Kopi Bisa Mencegah Terpapar Covid-19?

22 September 2021 14:00 | 835 hits

DREAMERS.ID - Di samping bisa menahan kantuk, kopi punya sederet manfaat lain. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mengkonsumsi kopi dapat mencegah terpaparnya virus Covid-19, karena mengandung senyawa antioksidan yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Melansir Detik Health, pernyataan tersebut disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Ir. Sri Anggrahini, M.S., dalam pidato orasi ilmiah berjudul 'Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19'.

"Di berbagai penelitian di luar negeri kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan COVID-19," kata Sri Anggrahini selaku Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

"Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan," lanjut Sri Anggrahini.

Sri juga melanjutkan, perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai kopi dapat mencegah virus Covid-19. Ia berharap, masyarakat Indonesia bisa terdorong untuk gemar mengkonsumsi kopi dalam batas aman.

Selain itu, kopi juga ternyata dapat digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang terpapar COVID-19 atau tidak. "Umumnya penderita COVID mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat," ujarnya.

Sri juga menyarankan sebaiknya tidak mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, meski kopi punya banyak manfaat seperti bisa cegah COVID-19, namun jika dikonsumsi saat perut kosong malah bisa menimbulkan penyakit lain.

"Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik dan risiko kena sakit mag," jelasnya.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio