Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

8 Camilan yang Aman Dikonsumsi Malam Hari, Nggak Bikin Gemuk

20 September 2021 17:00 | 2751 hits

DREAMERS.ID - Sebagian orang tentu pernah merasakan lapar saat tengah malam, namun tidak jarang hal ini menjadi dilema tersendiri. Orang menganggap kebiasaan makan tengah alam sering kali dikaitkan dengan risiko naiknya berat badan.

Tetapi dengan mengonsumsi makanan rendah kalori bisa menjadi alternatif, karna tidak menyebabkan berat badan naik. Berikut beberapa camilan yang aman dikonsumsi saat malam hari, dilansir dari Hellosehat.

1. Buah Ceri

Menurut Keri Gans, seorang ahli diet di New York dan penulis buku The Small Change Diet, melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kita. 

Jam internal ini adalah ritme pola harian (seperti waktu bangun, waktu tidur) yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Kapsul melatonin juga dikonsumsi oleh para wisatawan ketika pergi ke tempat yang memungkinkan mereka mengalami jet lag

Penelitian menemukan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri asam. Selain itu, zat tersebut juga bisa mengatasi masalah sakit kepala. Kandungan lainnya pada ceri adalah antioksidan seperti beta karoten yang baik untuk masalah jantung.

2. Oatmeal

Biasanya orang memakan oatmeal untuk sarapan, tetapi kamu juga bisa memakan oatmeal sebagai camilan di malam hari karena oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, yang dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin.

Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks, jadi jika kamu ingin menambah asupan protein lebih banyak, kamu bisa menyajikannya dengan yogurt tanpa lemak.

3. Susu

Kita sering melihat promosi tentang kebiasaan minum susu sebelum tidur, dengan berbagai macam klaim kesehatan. Bahkan dipercaya bahwa anak yang dalam usia pertumbuhan perlu minum susu sebelum tidur untuk menambah tinggi badannya.

Susu mampu membuat tertidur nyenyak karena mengandung tryptophan asam amino, yang memberi sinyal pada otak untuk memproduksi serotonin. Selain itu, minum susu juga akan membuat kamu merasa kenyang.

4. Keju dan Crackers

Keju dan crackers adalah alternatif lain dari kombinasi dari protein dan karbohidrat kompleks. Namun, bukan berarti bisa makan berlebihan dan sebebasnya. 

Untuk menjadi camilan sehat, lihat label nutrisi pada produk yang kamu makan, sebaiknya sekitar 150 kalori dengan kombinasi crackers gandum utuh dan keju rendah lemak seperti keju feta.

5. Pisang

Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat saat melewatkan makan malam. Sebab pisang dapat mengenyangkan perut dan mengandung magnesium serta potassium. 

Selain itu, pisang juga dapat membantu kamu untuk tidur nyenyak. Kandungan potassium di dalamnya juga memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

6. Ubi

Ubi juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan potassium. Selain itu, ubi juga mengandung niacin, yang baik untuk kesehatan jantung, serta fosfor, vitamin A, dan vitamin C. Kamu bisa menyajikan ubi dengan mengukusnya, untuk mengurangi konsumsi minyak berlebih.

7. Popcorn

Popcorn bisa menjadi camilan kala kamu lapar di malam hari, tetapi popcorn tersebut haruslah tanpa rasa, tidak ditambah garam, tidak ditambah perasa lainnya. Alasan popcorn baik untuk dikonsumsi adalah karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak serta tinggi serat, juga mengandung antioksidan.

 

Popcorn juga termasuk ke dalam makanan gandum utuh. Bisa menjadi makanan alternatif untuk diet, kamu bisa mengonsumsinya sekitar satu mangkuk dengan sedikit taburan minyak zaitun.

8. Selai Kacang Alami

Selai kacang alami adalah tidak ditambah minyak palem sebagai penyeimbang, dan tentunya tanpa gula. Selai kacang alami baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh, yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat. 

Selain itu, kacang tanah juga mengandung vitamin E, niacin, folat, dan protein. Kamu bisa melahapnya dengan roti gandum utuh yang juga cocok untuk diet.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio