Dreamland
>
Forum
>
10 Film Yang Dilarang Tayang di Indonesia, Malahan Ada Film Indonesia Juga Loh

10 Film Yang Dilarang Tayang di Indonesia, Malahan Ada Film Indonesia Juga Loh

on 12 Desember 2017 14:26 | 318 hits | 0 replies
SIGN IN TO REPLY
posts : 3,828
reputation : 13

Film dibuat untuk menghibur penonton, berbagai jalan cerita sampai ke pemerannya dibuat dengan maksimal. Tapi, gak sedikit juga film yang udah dibuat bagus-bagus malah dilarang tayang di beberapa negara. Walaupun sebagus apapun, kalau ada film yang terlalu berlebihan menyinggung dan menyimpang kaidah sebuah negara, maka film-film itu dipastiin gak boleh tayang di negara tersebut.

Indonesia sebagai salah satu negara yang cukup ketat menyaring film-film yang bisa tayang di bioskop. Gak cuma film luar, tapi film dalam negeri pun pernah jadi 'korban' dilarang tayang, ini dia daftar film yang dilarang tayang di Indonesia.

1. The Year Of Living Dangerously (1982)

film indonesia

Sumber : imdb

Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama karya C.J. Koch. Film yang disutradarai Peter Weir ini mengangkat isu tentang politikk Indonesia pada tahun 1965 (menjelang peristiwa G30S/PKI). Makanya film ini dilarang tayang di Indonesia, tapi saat awal orde baru berakhir, film ini rilis dalam bentuk VCD dan pernah tayang di salah satu TV di Indonesia.

2. Schindler’s List (1993)

film indonesia

Sumber : mentalfloss

Satu lagi film yang dilarang tayang di Indonesia ini ternyata menceritakan tentang pembataian umat yahudi pada jaman perang kedua. Indonesia yang memiliki masyarakat mayoritas beragama Islam ini menjadi alasan film ini dilarang tayang. Film yang mengangkat tema Yahudi adalah isu yang cukup sensitif.

3. True Lies (1994)

true lies

Sumber : amazon

Salah satu film action terbaik pada masanya ini juga dilarang masuk ke Indonesia. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini memiliki cerita tentang teroris asal Arab. Film ini dilarang karena takut bakal muncul prasangka aksi terorisme itu identik sama orang Arab dan Muslim.

4. Merdeka 17805 (2001)

merdeka 170845

Sumber : wikipedia

Sebuah film hasil kolaborasi antara rumah produksi Jepang dan Indonesia yang mengangkat kisah perjuangan negara kita, tapi dari sudut pandang Tentara Kekaisaran Jepang. Cerita di film ini menonjolkan kalau Jepang adalah pihak yang banyak ngasih tempat untuk para Nasionalisme bergerak, seperti membentuk tentara PETA (Pembela Tanah Air). Alhasil, film ini menuai kontroversi dan membuat pihak LSF melarang film yang disutradarai Yukio Fuji ini tayang di Indonesia.

5. Irreversible (2002)

irreversible

Sumber : moviemotorbreath

Film yang disutradari oleh Gaspar Noe ini dilarang tayang karena adanya adegan pemerkosaan dan dianggap terlalu sadis. Selain Indonesia, beberapa negara juga melarang pemutaran film ini, salah satunya Selandia Baru.

6. Pocong (2006)

pocong

Sumber : sinemart pictures

Film produksi Indonesia ini aja dilarang tayang di negara sendiri. Film karya Rudi Soedjarwo ini dilarang karena menunjukan adegan horor sadis dan menyunggung unsur SARA, seperti adegan pemerkosaan yang brutal, dan banyak lagi adegan sensitif lainnya.

7.Balibo Five (2009)

balibo five

Sumber : laurentia

Film ini juga dilarang tayang di Indonesia, bercerita tentang mantan jurnalis senior yang mengungkap misteri kematian lima orang temannya. Kasus ini tadinya udah selesai dengan menyatakan bahwa gak ada pembunuhan terhadap kelima wartawan ini. Tapi, pihak Lembaga Sensor Film (LSF) tetep ngelarang film ini tayang di Indonesia. Film ini disutradari oleh Robert Connolly.

8. Something In The Way (2013)

something in the way

Sumber : berlinale

Teddy Soeriaatmadja yang menyutradarai film ini memang gak pernah mencoba film ini buat tayang di Indonesia karena Teddy yakin film ini bakal ditolak. Film ini mengusung tema prostitusi waria, walaupun ceritanya kontroversial film ini sukses di FFI dan beberapa festival internasional. Film ini bahkan ditayangkan di ajang Panorama Berlinale.

9. Noah (2014)

noah

Sumber : moviefreak

Film yang mengangkat tema agama ini ternyata juga dilarang masuk ke Indonesia. Film yang disutradai oleh Darren Aronofsky ini gak boleh tayang di Indonesia, karena mengisahkan tentang Nabi Nuh yang dianggap gak sesuai dari ajaran sebenarnya.

10. Fifty Shades Of Grey (2015)

fifhty shades of grey

Sumber : amazon

Seperti yang kita tau film yang satu ini menayangkan adegan seksual yang sangat vulgar dan terkesan sadis. Film yang disutradari oleh Sam Taylor-Johnson ini diadaptasi dari novel dengan judul sama. Teryata beberapa negara juga melarang film ini tayang, salah satunya Malaysia.

Jadi itu dia gengs film-film yang dilarang masuk ke Indonesia. Film ini pastinya pengen banget kalian tonton, tapi sayangnya gak masuk ke Indonesia. Memang itulah tugas Lembaga Sensor Film untuk memilah sebuah produksi perfilman. 

Source: www.dagelan.co

12 Desember 2017, 14:26
0
0
1
CURRENT ISSUE
FANBASE CORNER
COMMUNITY CORNER
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
EMAIL US
FOLLOW US
dreamersradio