Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

Viral Curhatan Nakes, Vaksin Moderna Lebih Ampuh Dibandingan Sinovac?

16 Agustus 2021 13:00 | 6939 hits

DREAMERS.ID - Belakangan ini, vaksin booster Moderna sudah mulai disuntikkan ke tenaga kesehatan. Kemudian ramai di media sosial TikTok tentang curhatan nakes terkait efek samping dari booster vaksin Moderna yang diakui lebih ampuh dibandingkan vaksin lainnya.

Melansir Detik, Galuh Prafita (25) adalah seorang nakes di Surabaya yang mendapatkan booster vaksin Moderna baru-baru ini. Ia mengaku sempat lemas sesaat setelah mendapat vaksinasi, lalu berlanjut mengalami kram dan demam ringan.

Beberapa jam berikutnya, ia mengalami vertigo dan ngilu di area bekas suntikan. "Kalau Sinovac, aku efeknya hanya pusing ringan level 1-2 (dari 10). Sumer badan mungkin 36,5 dan jarem di bekas vaksin hanya rendah tingkatan sakitnya. Beda banget sama Moderna," ujar Galuh.

"Mungkin karena Moderna (efikasinya) 94 persen. Jadi efeknya berasa," lanjutnya. Galuh tidak berniat untuk menakut-nakuti orang lain untuk vaksin, tetapi kemungkinan efek samping ini bisa diantisipasi dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum disuntik.

Baca juga: Moderna Segera Disuntikkan Ke Non Nakes, Untuk yang Tidak Bisa Divaksin Sinovac dan AstraZeneca?

"Pesan ku sih sebelum vaksin minum obat dan makan, setelah itu istirahat yang cukup, tinggalkan pikiran yg jelek-jelek tentang efeknya. Ayo kita vaksin, karena dengan vaksin kita bisa menjaga keluarga kita yang di rumah dan meminimalkan tingkat penularan COVID-19 yang sudah lama di indonesia ini," pungkas Galuh.

Sebelumnya, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi juga sempat menyinggung efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang pernah dilaporkan setelah pemberian vaksin Moderna.

"Ada (laporan efek samping vaksin Moderna pada nakes), tetapi sifatnya ringan dan dalam 1-3 hari sembuh. Seperti demam, nyeri kepala. Terbanyak pegal dan sakit di tempat penyuntikan," ujarnya pada Detik.

Para pakar menyarankan agar tidak pilih-pilih vaksin. Dalam kondisi saat ini, vaksin terbaik adalah yang tersedia dan paling mudah diakses. Herd immunity terbentuk ketika vaksinasi telah mencakup sebanyak mungkin populasi, apapun jenis vaksinnya.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio