Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

Menurut Ahli, Makan dalam Waktu 20 Menit Sudah Bikin Kenyang

28 Juli 2021 16:00 | 635 hits

DREAMERS.ID - Dengan diperpanjangnya PPKM Level 4 sampai tanggal 2 Agustus 2021, ada peraturan baru yang harus dilaksanakan yakni para pedagang makanan atau UMKM diizinkan untuk menyediakan dine in akan tetapi diberi waktu makan maksimal 20 menit per konsumen.

Faktanya, memang hanya dibutuhkan waktu hingga 20 menit untuk merasa kenyang begitu kita mulai makan. Melansir laman Kompas, Zane Andrews, Profesor fisiologi dan ahli saraf di Monash University mengatakan aktivitas makan kita butuh proses untuk mengenali rasa dan teksturnya sehingga sampai pada kesimpulan apakah kita suka makanan tersebut atau tidak.

Setelah makanan sampai ke perut dan usus, barulah otak melepaskan hormon tertentu dan memberitahu tubuh bahwa kita sudah kenyang.

"Makanan itu perlu dikunyah, masuk ke usus dan diproses sedikit. Anda harus mulai menyerap glukosa dari makanan dan itu terjadi secara umum dengan cepat, tapi waktunya antara lima dan 20 menit," terangnya seperti dikutip dari laman Huffinton Post Australia.

Lonjakan glukosa dan insulin kemudian memberikan umpan balik yang sampai ke otak sehingga memberi perintah tubuh untuk berhenti makan. Ahli saraf ini menjelaskan, ada neuron di otak yang memerintahkan manusia untuk makan namun praktiknya amat sangat jarang terjadi.

"Sebagai manusia, kita sangat jarang makan karena otak kita menyuruh kita makan kecuali benar-benar saat kita kelaparan," jelasnya.

Kebanyakan orang makan karena jadwal rutin, acara sosial dan berbagai aspek budaya dan asosiasi lainnya. Menurutnya, banyak orang mengesampingkan isyarat kenyang dari otak berdasarkan ekspektasi budaya atau norma sosial yang diikutinya.

Saat durasi makan 20 menit mendapat beragam kritik di Indonesia, ada beberapa orang yang merasa durasi 20 menit terlalu lama agar proses makannya sempurna. Zane Andrews punya saran ilmiah agar kira bisa merasa kenyang lebih cepat.

"Dalam hal memberi sinyal hormon kenyang, tampaknya protein adalah kunci untuk mendapatkan respons hormon untuk memberi tahu bahwa Anda sudah kenyang," katanya.

Oleh sebab itu, kombinasi yang baik dari protein, lemak dan karbohidrat penting agar tubuh cepat merasa kenyang. Hal ini bisa diwujudkan tanpa harus menunggu hingga 20 menit lamanya.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio