DREAMERS.ID - Bulan ini telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan untuk memiliki Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 yang ditetapkan selama dua hari. Terhitung Harbolnas 2019 dimulai dari tanggal 11 Desember 2019 hingga 12 Desember 2019.
Menjadi ajang promosi menuju akhir tahun, ‘Adstensity’ Riset Monitoring Iklan Televisi merilis data kalkulasi belanja e-commerce, dalam membeli slot iklan televisi selama periode Januari hingga November. Saat ini Shopee terlihat bersaing dengan Blibli.com sebagai kompetitornya.
Selama setahun Shopee telah mengeluarkan sebanyak Rp 825,62 miliar yang membuat perusahaan ini menempati urutan pertama. Selanjutnya di posisi kedua terdapat perusahaan Blibli.com dengan nilai belanja iklan televisi Rp 500 miliar. Traveloka juga termasuk perusahaan yang berada di 3 besar e-commerce dengan nilai beli iklan televisi tertinggi dengan angka pengeluaran Rp 472,37 miliar.
Angka mengejutkan terlihat pada posisi keempat yang ternyata diraih oleh Misteraladin.com dengan total pengeluaran sebesar Rp 429,63 miliar. Nilai ini disusul oleh kompetitornya Tokopedia dengan total pengeluaran belanja iklan sampai Rp 336,08 miliar.
Jika ditotal, pengeluaran industry e-commerce untuk belanja iklan televisi dalam periode waktu Januari-November 2019 terhitung mencapai Rp 4,44 triliun. Sebelumnya di tahun 2018 angka belana iklan televisi mencapai Rp 4,62 triliun yang menandakan tahun ini terdapat penurunan sebanyak 3,90 persen.
(mnc)