Dreamland
>
Berita
>
Article

Hal Ini yang Membuat PNS Masih Jadi Profesi Impian Milenial, Kamu Salah Satunya?

12 Juni 2019 16:16 | 678 hits

DREAMERS.ID - Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Melihat dari tahun lalu, melansir Liputan6, banyak usia milenial yang mendaftar CPNS yang sekaligus menjadi bukti jika PNS menjadi profesi idaman generasi milenial di tengah majunya teknologi dan pekerjaan di sector swasta yang makin meluas.

Ada pula berbagai alasan mengapa kaum milenial masih banyak yang ingin menjadi PNS, salah satunya datang dari pendapatan. Namun hal ini juga sekaligus menjadi tantangan pemerintah untuk memberikan harapan bagi para generasi muda tersebut.

Dia berpendapat, generasi milenial ini adalah sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan dinamis. Sementara di sisi lain, PNS adalah pekerjaan yang bersifat birokrat yang memiliki berbagai keterbatasan.

"Nah, pemerintah bisa tidak mewadahi mereka ini yang bisa dibilang punya ambisi tinggi. Kalau tidak, bisa jadi nanti mereka ini keluar lagi dari PNS untuk kerja lagi di swasta, bahkan bikin usaha sendiri terkait profesinya," ujarnya.

Baca juga: Ternyata Ada Hal Khusus Di Aturan Untuk PNS Selama PPKM Darurat WFH 100%

Tapi bagaimana pun, dengan masuknya generasi milenial sebagai PNS, diharapkan adanya peningkatan profeisonalitas dan kualitas kinerja PNS ke depannya. "Positifnya, ya semoga ini menjadi satu langkah agar kinerja Aparatur Sipil Negara ini bisa lebih baik," pungkasnya.

Sementara itu pemerintah akan kembali membuka proses perekrutan CPNS dan PPPK Tahap II dengan total formasi 254.173 pada tahun ini. Dan diprediksi khusus untuk penerimaan CPNS 2019 nanti total pelamar yang mendaftar mencapai 5 juta orang.

"Jumlah ini adalah plafon atas. Kebutuhan pegawai riil diinput oleh masing-masing instansi ke sistem eFormasi milik Kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," jelas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

"Detail kapan, bagaimana, berapa, di mana, belum bisa diinformasikan saat ini. Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) masih melakukan rapat-rapat persiapan terkait hal itu," lanjutnya.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio