DREAMERS.ID -Menurut sebuah survei, pria Korea Selatan rata-rata memakai 13 produk kosmetik tiap bulan. Bila angka tersebut dibandingkan dengan wanita, jumlahnya mencapai separuh dari penggunaan kaum hawa.
Sebuah lembaga penelitian Euromonitor menyebut bahwa jumlah tersebut membuat perusahaan kosmetik dengan label pria mendulang keuntungan dua kali lipat dari tahun 2009 hingga 2014.
"Kini kaum pria memimpin angka pengguna kosmetik perkapita karena terus berperilaku konsumtif, hingga membuat penjualan meningkat seperlima dari seluruh dunia," klaim lembaga tersebut, seperti dikutip laman economist.com, Sabtu (5/12).
Bila melihat masa lalu, pria Korsel identik dengan mereka yang gagah seiring program wajib militer dua tahunnya. Namun, seiring perhatian sang pacar yang memberi perawatan pada mereka bila sedang libur bertugas, kosmetik yang tadinya ditujukan demi melindungi kekasih 'aman' dari kerasnya latihan fisik menjadi daya tarik pribadi pria kekinian.
Seiringnya berjalannya waktu, akhirnya pria Korsel malah terpincut untuk menggunakan bermacam kosmetik yang bisa melindungi mereka untuk aktivitas normal setiap harinya dari panas matahari, atau kelembaban udara yang berdampak buruk bagi kulit mereka.
Baca juga: 50 Persen Cowok Usia 30an di Korea Selatan Masih Jomblo
Lebih jauh, dampak budaya Korea Pop (Kpop) yang juga didominasi kaum adam, turut memberi andil dalam mendorong pria Korsel menggunakan kosmetik, dengan 'menjual' sang artis sebagai duta iklannya.