Dreamland
>
Berita
>
Article

Wow, Vietnam Miliki Gua Terbesar di Dunia Setinggi 40 Lantai!

03 Oktober 2013 11:18 | 2723 hits

DREAMERSRADIO.COM - Asia Tenggara merupakan wilayah tropis yang banyak menyimpan keindahan alam. Kali ini keindahan alam yang menakjubkan terdapat di Vietnam, dimana negara itu memiliki Gua Son Doong. Gua ini menjadi yang terbesar di dunia dengan tingginya setara gedung pencakar langit 40 lantai.

Dilansir dari Metro, Gua yang telah diakui UNESCO tersebut ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang penduduk lokal yang tak sengaja melihat pintu masuknya. Tetapi penelusuran secara total baru dilakukan pada tahun 2009 lalu oleh pasangan suami istri penjelajah gua asal Inggris.

Hasilnya, para ilmuwan pun dibuat takjub setelah mengeksplorasi gua Son Doong. Gua terbesar di dunia pun kini disandang Son Doong karena panjang gua mencapai 8 km dan lebar 198 meter. Didalam terdapat hutan, sungai, danau, stalaktit raksasa, air terjun, bahkan 150 gua kecil yang ada didalamnya.

Baca juga: 200 Negara Berjuang, Bagaimana Bisa Tiga Negara ASEAN Ini Nol Kematian Virus Corona?

Ukuran gua ini memiliki luas lebih besar 5 kali dari Gua Rusa di Malaysia yang sebelumnya memegang titel terbesar didunia.  Sementara itu, para peneliti memperkirakan gua ini terbentuk 2-5 juta tahun lalu akibat gerusan aliran sungai dibawah gunung.

Butuh waktu 36 jam untuk menjelajahi seluruh gua yang kepekatan serta keheningan di dalamnya menantang bagi para penjelajahnya.

“Kegelapannya sangat membingungkan dirimu terutama saat mencapai kawasan danau, aku tak akan melupakannya,” tutur seorang turis, Simon Dunne.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio