Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

Ngantuk Tiba-tiba Saat Berkendara? Waspada Microsleep yang Jadi Pemicu Kecelakaan

05 November 2021 20:11 | 1099 hits

DREAMERS.ID - Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan.

Melansir Alodokter, microsleep atau tidur sekejap adalah kondisi ketika seseorang tiba-tiba tertidur selama beberapa detik. Ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, misalnya saat belajar di kelas atau bekerja di kantor, bahkan saat berkendara.

Microsleep membuat fungsi otak menurun, seperti yang berfungsi memproses suara. Sehingga sering ditemukan mereka yang mengalami microsleep tidak akan menyadari panggilan, maupun situasi ketika sebagian otak "tertidur".

Tanda-tanda kamu mengalami microsleep adalah sering menguap, tidak fokus mendengar pembicaraan sekitar, tiba-tiba menutup mata, menjatuhkan barang yang sedang dipegang, hingga hilangnya kontrol tubuh.

Ini tentu sangat berbahaya bagi pengemudi kendaraan. Ada baiknya jika sudah dirasa mengantuk, segera istirahat. Tepikan sejenak kendaraan di area peristirahatan atau bahu jalan. Bisa juga mendengarkan musik keras atau cepat, untuk menghidupkan "otak".

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio