Dreamland
>
Artis
>
Article

Girl Group K-Pop yang Bebas dari ‘Kutukan 7 Tahun’

06 Maret 2021 15:00 | 3336 hits

DREAMERS.ID - Meskipun tahun ini menandai tahun ketujuh sejak debut Oh My Girl, masa kejayaan girl group ini baru saja dimulai. Selama tahun 2020 lalu, lagu mereka ‘Nonstop’ menuai kesuksesan dan membuat grup meraih sejumlah penghargaan pada awal tahun ini.

‘Nonstop’ berhasil masuk dalam daftar Best Digital Song di Golden Disc Awards 2021 dan dinobatkan sebagai Song of the Year bulan April 2020 di Gaon Chart Music Awards 2021. Lagu tersebut juga menduduki puncak chart program musik utama sebanyak delapan kali pada tahun lalu.

Gaon Chart juga menempatkan Oh My Girl di nomor empat pada chart ranking girl group 2020 yang diumumkan pada bulan Januari, setelah BLACKPINK, TWICE, dan IZ*ONE. Dan perlu diketahui bahwa grup ini belum menerima penghargaan yang signifikan sebelum pertengahan 2020.

Indikasi lain dari popularitas grup yang meningkat adalah fakta bahwa grup ini membintangi total tujuh iklan tahun lalu, terbesar sejak debutnya. Dalam kasus Oh My Girl yang dikatakan terlambat berkembang, "kutukan tujuh tahun" tampaknya tidak berlaku bagi mereka.

Kutukan tujuh tahun adalah istilah yang digunakan di antara fans K-pop dan mengacu pada banyaknya grup idola yang kehilangan popularitas secara signifikan atau praktis bubar sama sekali sekitar tahun ketujuh mereka di industri ini. "Kutukan" ini telah menghantam banyak grup seperti 4Minute, Miss A, Rainbow, ZE:A, 2AM, Infinite dan B.A.P, di antara banyak lainnya.

Meskipun istilah "kutukan" memunculkan kesan mistis, fenomena ini memiliki banyak faktor realistis di baliknya. Pertama, ini berkaitan dengan fakta bahwa sebagian besar member secara resmi menandatangani kontrak sekitar waktu mereka debut, dan durasi terlama untuk kontrak eksklusif dibatasi hingga tujuh tahun di bawah undang-undang saat ini. Komisi Perdagangan yang Adil memberlakukan batasan ini pada tahun 2009 untuk mencegah kontrak yang terlalu panjang yang telah dikritik sebagai "kontrak budak".

Tentu saja, member dapat memperbarui kontrak mereka setelah tujuh tahun dan menjaga grup tetap berjalan, tetapi ini tidak sering terjadi karena banyak grup melihat popularitas mereka memudar bahkan sebelum sampai tujuh tahun. Oleh karena itu, agensi memiliki lebih sedikit insentif untuk menandatangani kontrak lain untuk mempertahankan grup yang berkurang, dan member sering lebih memilih untuk berpisah dan membangun karir individu.

Hal ini terutama berlaku untuk girl group, yang basis penggemarnya cenderung kurang setia dibandingkan boy group, dan juga yang popularitasnya lebih dipengaruhi oleh penuaan. Seiring bertambahnya usia member, girl grup sering menghadapi kesulitan untuk mempertahankan citra publik awal mereka yang menekankan keluguan dan kepolosan, yang merupakan gaya populer untuk artis K-pop wanita muda.

Baca juga: Hyojung OH MY GIRL Dinyatakan Positif COVID-19

Seorang insider industri K-pop, mengatakan kepada JoongAng Ilbo, bahwa Oh My Girl dapat bertahan karena dimulai dengan gaya fantasi, dibandingkan gaya polos dan ceria yang kebanyakan girl group andalkan saat mereka debut. "Saya pikir Oh My Girl diakui sebagai genre tersendiri karena mereka mampu mempertahankan warna unik tim tanpa mengubah gayanya selama bertahun-tahun," kata orang dalam itu.

Oh My Girl bukan satu-satunya grup yang berhasil lolos dari kutukan tujuh tahun ini. Girl group yang memulai debutnya pada pertengahan 2010-an, seperti Red Velvet, Lovelyz, MAMAMOO, GFRIEND, dan TWICE, yang semuanya memulai debutnya antara tahun 2014 dan 2015, juga masih menuai kesuksesan.

Sama halnya dengan Oh My Girl, grup-grup ini secara bertahap telah beralih dari gaya awal mereka yang imut dan feminin ke gaya yang lebih dewasa dan chic yang lebih berkelanjutan saat grup tersebut dewasa.

Usia rata-rata member girl grup juga meningkat. Misalnya, usia rata-rata member Oh My Girl adalah 24,8 tahun, sedangkan rata-rata usia untuk girl group Apink adalah 27,3 tahun. Irene Red Velvet berulang tahun ke-30 pada Maret ini, tetapi masih menjadi member perwakilan tim.

Di awal tahun 2000-an, penyanyi idola wanita di rentang usia tersebut pasti sudah lama pensiun. Grup wanita S.E.S., yang memulai debutnya pada tahun 1997 dan dianggap sebagai ‘the OG girl group’ hanya aktif selama lima tahun dan dibubarkan pada tahun 2002. Usia rata-rata membernya adalah 21,6 tahun pada saat pembubaran mereka.

Fin.K.L, juga dianggap sebagai girl group generasi pertama, di mana mereka aktif dari tahun 1998 hingga 2005 tetapi perilisannya menjadi sedikit dan jauh antara tahun 2003. Grup dibubarkan ketika rata-rata member berusia 25 tahun.

Sebaliknya, Apink memulai debutnya pada tahun 2011 dan menduduki puncak tangga lagu yang diproduksi oleh berbagai program musik sebanyak delapan kali dengan lagu ‘Dumhdurum’ yang rilis tahun 2020, tahun ke-10 mereka. Rilisan terbaru Apink juga sangat berbeda dari citra "gadis lugu" yang digambarkan saat debutnya, sekarang menggambarkan wanita yang lebih percaya diri dan lebih tenang.

Salah satu mantan member girl grup anonim yang aktif di awal tahun 2000-an mengatakan bahwa zaman telah berubah. “Dulu, penyanyi idola wanita [termasuk saya] secara terbuka diberitahu 'apakah kamu sudah melewati masa jayanya untuk berada di girl grup?' ketika mereka baru berusia pertengahan 20-an,” katanya. “Tapi sekarang, dibandingkan dengan ebelumnya, orang memandang girl group secara berbeda, dan pasar luar negeri menjadi lebih besar. Waktu yang sangat berbeda dari masa-masa kita."

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio