Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Terbukti Secara Ilmiah, Berbagai Jenis Makanan Ini Bisa Mengusir Bad Mood

03 Juni 2021 14:23 | 4408 hits

DREAMERS.ID - Saat merasakan suasana hati yang buruk alias bad mood, sebagian orang memiliki kecendurang untuk menyantap makanan atau camilan. Penelitian juga membuktikan lho bahwa beberapa jenis makanan memang bisa membuat mood membaik. Apa saja?

1. Pisang

Buah ini kaya akan vitamin b6 yang membantu mensintesis neurotransmiter mood baik seperti dopamin dan serotonin. Satu buah pisang besar (136 gram) menyediakan 16 gram gula dan 3,5 gram serat. Saat dipasangkan dengan serat, gula dilepaskan secara perlahan ke dalam aliran darah, memungkinkan kadar gula darah yang stabil dan kontrol suasana hati yang lebih baik.

2. Oat

Oat adalah sumber serat yang sangat baik. Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, memungkinkan pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah untuk menjaga tingkat energi tetap stabil. Dalam sebuah penelitian, mereka yang makan 1,5-6 gram serat saat sarapan melaporkan suasana hati dan tingkat energi yang lebih baik.

3. Beri

Baca juga: Wajib Dibawa, Inilah Snack yang Cocok untuk Liburan

Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bad mood adalah beri. Buah beri mengemas berbagai antioksidan dan senyawa fenolik. Beri sangat tinggi antosianin, pigmen yang memberi warna ungu-biru. Satu studi mengaitkan diet kaya antosianin dengan risiko gejala depresi 39% lebih rendah.

4. Kopi

Kafein dalam kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosin menempel pada reseptor otak yang memicu kelelahan, sehingga meningkatkan kewaspadaan dan perhatian. Selain itu, kopi juga meningkatkan pelepasan neurotransmiter yang meningkatkan mood, seperti dopamin dan norepinefrin.

5. Cokelat

Sudah bukan rahasia jika cokelat kaya akan senyawa peningkat mood. Konsumsi cokelat akan membantu melepaskan serangkaian senyawa yang membuat perasaan senang, seperti kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine. Untuk mengembalikan mood yang bagus, kamu bisa menyantap snack JetZ varian rasa coklatnya yang manis yang renyah.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio