Dreamland
>
Artis
>
Article

Ceritakan Kisah dari Sisinya, Park Hye Soo Ungkap Jadi Korban Bully Sesungguhnya

08 Maret 2021 11:15 | 566 hits

DREAMERS.ID - Aktris Park Hye Soo secara pribadi akhirnya buka suara terkait tuduhan bullying yang ditujukan terhadap dirinya. Pada 7 Maret melalui postingan panjang di akun Instagram pribadi, Park Hye Soo mengungkapkan bahwa dirinyalah yang menjadi korban bullying.

Park Hye Soo menulis, “Aku butuh waktu lama untuk memposting kata-kata ini. Aku minta maaf karena ini terjadi dan butuh waktu lama. Aku terus-menerus menulis, menghapus, dan mengulang. Karena itu tidak benar, aku percaya bahwa semuanya akan berlalu, tetapi kebohongan terus berkembang biak lebih banyak kebohongan sampai menumpuk seperti gunung, tumbuh semakin tinggi.”

“Aku menderita ketika aku melihat dua foto yang tidak berhubungan dengan kebenaran disajikan sebagai "konfirmasi," dan klaim palsu ini terus menciptakan dinding penghakiman yang akan sulit bagiku untuk menghapusnya.”

“Aku tahu bahwa banyak orang menungguku untuk secara pribadi membagikan kisahku. Tetapi alasan mengapa aku tidak bisa melakukan itu begitu lama adalah karena aku yakin perkataanku tidak akan berpengaruh pada dinding penghakiman yang telah tumbuh begitu besar ini. Meskipun bukti telah disajikan untuk mendukung kata-kataku, orang-orang tidak akan menerima kebenaran sebagai kebenaran, jadi aku telah memutuskan untuk membagikan postingan ini.”

“Aku sudah pernah mengalami sekali sebelumnya di masa lalu bagaimana rasanya orang menilaimu karena rumor palsu. Oleh karena itu, aku tahu betapa sulitnya menyangkal setiap kebohongan yang tak terhitung jumlahnya yang keluar dari mulut orang-orang.”

“Pada tahun 2008, ketika aku berada di tahun kedua SMP, aku belajar di luar negeri di Amerika Serikat untuk sementara waktu sebagai siswa pertukaran sebelum kembali ke Korea. Ketika aku kembali ke Korea, kami telah pindah dari lingkungan asli kami, dan pada Juli 2009 aku mendaftar di tahun kedua SMP lagi di sekolah baru dan asing. Aku tidak mengenal orang lain di sekolah dan hal-hal menakutkan mulai terjadi padaku yang belum pernah aku alami sebelumnya.”

“Aku telah pindah sekolah dari Gangbuk, aku setahun lebih tua dari teman sekelasku, dan aku pernah belajar di luar negeri di AS, tetapi rumor jahat dan palsu mulai melekat pada "kebenaran" ini dan menyebar tentangku seperti api. Orang-orang menyebarkan rumor bahwa aku pergi ke AS untuk aborsi atau bahwa aku belum pernah ke AS sama sekali tetapi ditahan karena perilaku buruk di lingkungan lamaku, dan kebohongan ini mulai mengikutiku ke mana-mana seolah-olah itu benar.”

“Meskipun aku hanya membagikan nomor telepon kepada dua atau tiga orang, mereka menyebarkannya sehingga setiap pagi aku akan terbangun dengan pesan teks dengan kata-kata makian yang parah dan pelecehan seksual. Aku ingat memeriksa ponselku dengan jantung berdebar-debar segera setelah bangun, dan menangis tanpa suara agar orangtua tidak mendengar.”

“Ini sangat mengejutkanku, yang dulunya adalah siswa biasa yang dicintai oleh teman dan guru di sekolah lama. Sekitar seminggu sebelum pergi ke AS, meskipun itu bukan hari sekolah, guru wali kelas dan teman sekelasku mengadakan pesta perpisahan kejutan untukku. Aku sangat senang dan berfoto dengan teman-teman dan meniup lilin di atas kue.”

“Saya menderita ketika bertanya-tanya bagaimana seseorang yang begitu bahagia di sekolah bisa datang ke lingkungan baru dan menjadi sasaran perlakuan ini, dan tidak tahu siapa yang harus disalahkan. Sangat sulit untuk menahan penindasan yang terjadi tanpa alasan yang dapat aku jelaskan, tetapi aku juga tidak dapat berbicara dengan orangtua tentang hal itu, yang telah tegas tentang pindah demi pendidikanku. Aku tidak dapat berbicara kepada siapa pun tentang hal itu dan menderita sendirian.”

“Penindasan semakin memburuk. Aku makan siang saat seseorang membalik nampanku dan ada noda di seragam. Aku berjalan menyusuri aula dan seseorang akan mendorong atau mengumpatiku di belakang. Aku dipanggil ke lorong tahun ketiga dan diberi tahu bahwa itu ‘hanya karena aku tidak menyukai penampilanmu'. Aku dipukul di kepala sementara banyak siswa menonton dan diberi tahu, ‘Aku hanya ingin memukulmu. Bahkan jika kamu di tahun ketiga, aku akan memukulmu’."

Baca juga: Park Hye Soo Ajukan Tuntutan Pidana dan Ganti Rugi Atas Pencemaran Nama Baik

“Namun, alasan mengapa aku bisa bertahan bahkan dalam situasi itu adalah karena ada beberapa teman hangat yang menghubungi meskipun aku di-bully. Meskipun ada semua rumor dan penilaian tentangku, teman-teman ini melihat dan menyukai aku apa adanya. Karena mereka, kehidupan sekolah meningkat sedikit demi sedikit.”

“Meskipun demikian, aku sangat tersakiti oleh penindasan dan pergi ke konseling psikologis selama tiga tahun. Konseling rutin membantuku mengatasi luka-luka ini, dan aku dapat menegakkan kepala langsung setelah membenci diri sendiri dan mengalihkan semua kepahitan kepada para penindas terhadap diriku sendiri untuk waktu yang begitu lama.”

“Orang yang menyebut dirinya korban sekarang adalah orang yang sama yang membalik nampan makan siangku dan mengumpatiku ketika aku pertama kali pindah sekolah. Setelah insiden itu, kami menjadi lebih dekat selama tahun ketiga SMP kami. Selama kami berteman, dan bahkan hingga tahun ini, meskipun kami sudah berhenti berhubungan satu sama lain, orang itu menganggap semua yang terjadi di antara kami sebagai bagian dari persahabatan masa kanak-kanak.”

“Meskipun situasinya sudah sejauh ini dan tidak ada lagi pilihan selain membawanya ke hukum, sangat menyakitkan bagiku untuk memikirkan bagaimana hal itu terjadi antara diriku dan seseorang yang setidaknya pernah menjadi temanku.”

“Teman-teman orang itu telah datang ke akun Instagramku dan berkomentar kebohongan, menyebarkan kebohongan ini lebih jauh. Postingan anonim yang beredar online berasal dari tangkapan layar yang diambil dari akun Instagram ini. Kisah-kisah yang posisi dan sumbernya tidak dapat diverifikasi ini menyebar secara online seolah-olah semuanya benar.”

“Aku ingin bertanya kepada orang yang terus menyebarkan kebohongan yang tidak dapat diandalkan dan terus berubah tentangku hanya untuk menghancurkanku, pertama melalui komentar Instagram dan kemudian dua kali dalam wawancara: Mengapa kau harus berbuat sejauh ini? Apa yang kau dapatkan dari ini? Bahkan jika kau bertindak seperti ini karena berharap aku akan hancur dan berantakan, aku tidak akan terguncang. Meski butuh waktu berbulan-bulan, kebenaran akan terungkap.”

“Seperti yang aku katakan di atas, ‘grup chat korban’ yang diduga telah dikumpulkan oleh puluhan orang berdasarkan kebohongan. Kami mendapatkan informasi tentang grup chat itu dan siapa yang menjadi anggotanya sekarang. Saat ini, rasanya tidak ada gunanya memberikan pernyataan rinci tentang semua gosip palsu yang menyebar tentangku, jadi kami akan mengambil tindakan mulai sekarang tanpa menunggu atau kompromi.”

“Melalui ini, aku telah bertatap muka dengan diriku yang lebih muda yang telah tersembunyi jauh di dalam diriku, yang telah terluka parah oleh rumor dan perundungan. Jika aku tidak memilih pekerjaan yang membuatku menjadi sorotan publik, mungkin aku juga ingin berbagi kenangan buruk dan sulit ini dengan orang lain. Tetapi aku ingin orang-orang mengingat bahwa klaim palsu dan kritik sembarangan yang mengikuti juga merupakan serangan terhadap orang lain.”

“Aku memiliki bukti nyata tentang kesalahan masa lalu yang dibuat oleh mereka yang menyebut diri mereka korban, tetapi aku tidak ingin mempublikasikannya karena aku percaya itu juga sebagai bentuk penyerangan.”

“Aku sangat, sangat menyesal kepada KBS dan semua staf, pemeran, dan kru 'Dear.M', yang telah menderita karena aku. Aku juga sangat berterima kasih kepada mereka yang terus mendukung dan menyemangatiku meskipun aku tidak dapat berbicara untuk waktu yang lama. Karena kalian, aku dapat memeriksa situasi dengan jelas terlepas dari rasa sakit dan mempersiapkan dengan hati-hati untuk apa yang akan terjadi selanjutnya.”

“Sekalipun itu membutuhkan waktu lama, aku percaya bahwa kebenaran perlahan-lahan, satu demi satu, terungkap, dan semua ini akan berlalu. Aku mohon agar di masa depan, orang akan belajar melihat kebenaran apa adanya. Ini adalah posting yang sangat panjang… Terima kasih telah membaca,” tutup Park Hye Soo.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio