Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Tanpa Obat, Ini Trik Atasi Insomnia yang Baik dan Sehat

01 Desember 2020 17:30 | 915 hits

DREAMERS.ID - Setiap orang pasti sering kali mengalami insomnia atau gangguan tidur akibat kelelahan beraktivitas sehingga bisa memicu kurangnya istirahat. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka bisa memicu kesehatan tubuh secara keseluruhan, Dreamers.

Melansir dari Tempo, hal yang memicu terjadinya susah tidur bisa disebabkan dari masalah kesehatan, persoalan pribadi, stres, hingga pekerjaan yang menumpuk. Masalah insomnia ini sering kali dialamin oleh perempuan dibandingkan pria.

Yuk ubah kebiasaan buruk agar bisa mengatasai insomnia mu dengan cara seperti berikut ini:

1. Buat jadwal tidur

Biasakan tidur di jam yang sama setiap hari. Dengan begitu tubuhmu akan beradaptasi dan 'mematuhi' jadwal tersebut tanpa kamu sadari. Perlu diketahui, insomnia kerap terjadi karena jam biologismu berantakan.

2. Jauhi gadget menjelang tidur

Sinar yang dipancarkan dari layar gadget, baik ponsel, tablet, maupun komputer atau laptop, dan televisi dapat membuat seseorang kesulitan tidur. Cahaya biru dari perangkat elektronik ini mengganggu produksi hormon melatonin yang berperan dalam menimbulkan rasa kantuk.

Baca juga: 5 Cara Terbaik Atasi Insomnia Akibat WFH

3. Jangan tidur siang

Bisa menikmati tidur siang itu istimewa. Tapi efeknya akan terasa pada malam hari. Jadi, sebaiknya hindari tidur siang karena bisa membuat kamu susah tidur alias insomnia di malam hari. Kalaupun merasa perlu tidur siang, cukup 30 menit saja.

4. Suasana tidur yang nyaman

Suasana kamar tidur yang nyaman akan membuatmu mudah terlelap. Atur temperatur udara di dalam kamar supaya adem, kasur dan bantal empuk, selimut hangat, seprai bersih, pencahayaan temaram atau gelap, dan lingkungan sekitar yang tenang atau bisa juga diiringi dengan alunan musik yang lembut.

5. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara mengatasi insomnia. Hanya saja jangan langsung tidur setelah berolahraga. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 3 sampai 4 jam sebelum tidur.

(srtk)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio