Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Mendunia, Baju Batik Makin Populer di Drama Korea

05 Oktober 2020 15:45 | 12438 hits

DREAMERS.ID - Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia selalu memperingati Hari Batik Nasional. UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia dalam bentuk budaya lisan dan non-bendawi. Kini berbagai macam motif batik pun sudah mendunia, termasuk ke dunia drama Korea.

Apabila kalian hobi menonton drama Korea, pasti pernah melihat beberapa aktris mengenakan baju motif batik parang. Mulai dari Gil Hae Yeon dalam drama Channel A Eccentric! Chef Moon pada Mei lalu. Kemudian, Lizzy eks After School dalam drama tvN Oh My Baby yang tayang Juli lalu.


Yang terbaru, baju batik motif parang ini muncul di drama JTBC Private Lives yang tayang pada 7 Oktober. Pada sebuah foto teaser, aktris Song Seon Mi sebagai Kim Mi Sook, ibu dari karakter Seohyun, mengenakan gaun yang mirip dengan Gil Hae Yeon dan Lizzy.

Melansir Tumpi.id, Batik Parang yang dipakai dalam drama Korea tersebut merupakan jenis Parang Rusak Barong. Diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma, pada zaman dahulu hanya boleh dipakai oleh Raja.

Parang Rusak Barong mempunyai makna bahwa Raja sebagai pemimpin harus selalu hati-hati, dapat mengendalikan diri sehingga menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, berwatak dan berperilaku luhur.

Batik Parang sendiri merupakan salah satu motif paling tua di Indonesia, yang mana sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Motif berbentuk huruf S ini diartikan lainnya, saling menjalin dan melambangkan sebuah kesinambungan yang menggambarkan jalinan hidup yang tidak pernah putus.

Sebelumnya, beberapa idola K-Pop juga terlihat mengenakan berbagai jenis batik selain parang, baik itu hadiah dari fans Indonesia maupun wardrobe yang disiapkan stylist, seperti Sehun dan Kai EXO, Tiffany SNSD, Park Bo Gum, V BTS, MAMAMOO, DAY6, dan banyak lagi.

(bnt)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio