Dreamland
>
Berita
>
Article

BMKG Rilis Peringatan Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

22 September 2020 12:37 | 567 hits

DREAMERS.ID - Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, "BMKG memprediksikan dalam periode sepekan ke depan, hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat dan petir berpotensi terjadi".

Guswanto meminta agar warga Jakarta khususnya mewaspadai potensi luapan air di pinggiran Sungai Ciliwung. Ia memaparkan bahwa periode awal musim hujan diprediksi mulai bulan Oktober ini hingga November 2020.

Sedangkan selama September hingga Oktober ini adalah periode peralihan atau pancaroba dari kemarau ke musim hujan, yang mana juga harus diwaspadai karena hujan lebat singkat bisa disertai kilat, angin kencang, puting beliung, atau bahkan hujan es.

Sementara itu dampak dari cuaca ekstrem beberapa hari ini, wilayah Kabupaten dan Sukabumi dilanda banjir bandang hingga memakan korban. Begitu pula beberapa titik di DKI Jakarta yang digenangi air dengan kedalaman cukup tinggi.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio