Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Awas ! Jangan Bungkus Daging Dengan Plastik Hitam

11 Maret 2012 02:00 | 4762 hits

Dreamers.co.id – Kebiasaan yang ada dimasyarakat terkadang membahayakan kesehatan. Seperti kita ketahui kebanyakan masyarakat membungkus daging yang dibelinya dengan kantong plastik berwarna hitam. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

“Kantong plastik warna hitam dilarang dan itu bukan untuk makanan karena hasil daur ulang, termasuk saat kita membeli daging,” ungkap Haniwar Syarif, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia saat berada di Jalan Wijaya 2 Blok F No 83B, Grand Wijaya Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurutnya makanan yang kita beli tidak boleh terkontaminasi langsung dengan kantong plastik berwarna. Karena makanan yang bersentuhan langsung dengan plastik kresek, maka sama saja kita mengkonsumsi bakteri.

Baca juga: akmu

Kantong plastic memang murah dan praktis, tapi juga mengandung zat kimia berbahaya yang bisa mengkontaminasi makanan di dalamnya. Kantong berwarna hitam mengandung zat karsinogen dan pewarna yang bisa tercampur dengan daging. Dalam jangka panjang bila ini menjadi kebiasaan, maka kanker adalah ancamannya.

Kantong plastic berwarna hitam merupakan produk daur ulang yang  berbahaya. Kita tidak mengetahui riwayat kantong tersebut, mungkin bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan dan manusia, atau limbah logam berat. Dalam proses daur ulang, kita juga tidak mengetahui berbagai bahan kimia berbahaya yang digunakan.

Pembungkus daging dan makanan siap santap lebih baik kantong putih atau transparan. Ada baiknya, membawa wadah untuk membeli daging sehingga faktor kebersihannya jauh lebih baik. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio