Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Benarkah Cegukan Gejala Baru COVID-19?
25 Agustus 2020 18:15 | 752 hits

DREAMERS.ID - Sebelumnya WHO telah mengatakan gejala-gejala COVID-19 seperti nyeri dada atau sesak saat bernapas, sakit tenggorokan, batuk dan demam tinggi lebih dari 37 derajat celcius. Ternyata, ada studi terbaru mengenai gejala COVID-19 bisa berasal dari cegukan.

Berdasarkan laporan Business Insider dilansir dari laman sindonews, ada pasien mengalami cegukan selama lebih dari empat hari tanpa alasan. Saat dokter melakukan rontgen dada, yang ditemukan yakni ground-glass, karakteristik umum pada paru-paru pasien COVID-19, yang menyebabkan rontgen tampak keruh.

Akhirnya pasien menjadi tes, dan dinyatakan positif tertular COVID-19. Padahal cegukan tidak dilaporkan sebagai salah satu gejala COVID-19. Berdasarkan pasien COVID-19, beberapa dokter mengatakan gejala tersebut bisa dikaitkan bahwa virus corona menyerang saluran percernaan.

Virus dapat menginfeksi saluran pencernaan, tentu berdampak pada saraf frenikus, yang mengontrol diafragma. Dapat menyebabkan kontraksi diafragma yang tidak disengaja atau cegukan. Meskipun ini baru spekulasi belum ada studi khusus.

Untuk itu jika melihat gejala umum COVID-19 peneliti menyarankan untuk menjalani tes COVID-19, dan melakukan isolasi mandiri selama dua minggu. Pastinya, untuk terus melakukan protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial, memakai masker, dan mencuci tangan untuk mencegah risiko tertular.

(bnt)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio