Dreamland
>
Artis
>
Article

Shindong Ceritakan Suka Duka Jadi Sutradara MV Idola K-Pop

22 Juni 2020 16:40 | 934 hits

DREAMERS.ID - Mungkin belum banyak yang tahu jika Shindong member grup Super Junior kini juga berprofesi sebagai sutradara. Sudah ada beberapa idola K-Pop yang bekerja sama dengannya baik dari agensinya maupun agensi lain.

Pada episode terbaru KBS Battle of the Musicians, Shindong memperkenalkan diri sebagai sutradara. "Banyak orang belum tahu bahwa aku bekerja sebagai sutradara video musik. Itu karena aku ingin menerima pengakuan [hanya berdasarkan keahlianku], jadi aku telah bekerja tanpa melepaskan namaku," ujarnya.


Shindong sendiri diketahui telah menggarap berbagai proyek artis seagensinya, seperti video musik Red Velvet untuk lagu Rebirth, lagu Lemonade Love kolaborasi Mark NCT feat Parc Jae Jung, Celeb Five dengan lagu I Wanna Be a Celeb, serta comeback show EXO dan NCT 127.


Baca juga: Unit Baru Super Junior L.S.S. Debut dengan Single 'Suit Up'

Mengenai pengalamannya bekerja dengan artis SM, Shindong berbagi, "Dengan EXO, bukan video musik, aku bekerja pada acara comeback mereka". Kala itu, Shindong menuai pujian karena bisa menyatukan dua konsep lagu Obsession dengan editing yang sangat apik.

Terkait proyek video musik, Shindong mengatakan bahwa seringkali memakan waktu yang sangat lama. Ia mengungkapkan bahwa bisa merekam video musik dalam waktu singkat, ketika artisnya kekurangan waktu. Seperti video musik Rebirth dari Red Velvet yang direkam hanya dalam waktu tujuh menit.

Shindong berkomentar, "Ini direkam dengan teknik one take menggunakan kamera berkecepatan tinggi".

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio