Dreamland
>
Berita
>
Article

Jangan Bingung Tapi Patuhi, Ini yang Harus Dilakukan Kala Lakukan 'Self Quarantine' Di Rumah!

18 Maret 2020 19:21 | 1076 hits

DREAMERS.ID - Pemerintah sudah mengeluarkan himbauan untuk work from home sementara sebagian sekolah diliburkan untuk meminimalisir penyebaran dan penularan virus corona. Sudah lebih dari 145 ribu kasus COVID-19 ini terkonfirmasi di dunia yang membuat semakin banyak orang disarankan mengkarantini diri sendiri di rumah.

Aksi karantina di rumah atau self quarantine ini juga banyak diunggah di berbagai media sosial, namun bagaimana atau apa yang sebaiknya dilakukan? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun mengeluarkan panduannya.

Jangan Keluar Rumah

"Anda harus batasi aktivitas di luar rumah, kecuali bila harus mendapatkan perawatan medis. Jangan pergi kerja, sekolah, atau ke area publik. Hindari juga menggunakan transportasi umum, berbagi kendaraan, atau taksi," tulis CDC.

Karena meski pun merasa sehat, orang yang menjalani karantina rumah tidak boleh keluar beraktivitas di luar ruangan.

Pisahkan Diri Dari Anggota Keluarga

Sebisa mungkin usahakan pisahkan diri di ruangan berbeda. Jika memungkinkan juga gunakanlah kamar mandi terpisah. Selain itu, CDC juga menyarankan menjaga jarak dengan hewan peliharaan.

"Meski tidak ada bukti hewan peliharaan atau lainnya dapat sakit karena COVID-19, tetap direkomendasikan untuk orang-orang yang terinfeksi COVID-19 untuk membatasi kontak dengan hewan sambil menunggu lebih banyak informasi terungkap terkait virus," kata CDC mengutip Detik.

Gunakan Masker

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Gunakan masker ketika ada orang lain bersama di dalam ruangan. Jika tidak memungkinkan karena misalnya kesulitan bernapas, maka orang sekitar yang disarankan untuk memakai masker untuk antisipasi penularan.

Tutup Mulut dan Hidung Kala Batuk

Jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin. Jika menggunakan tisu maka segera buang ke tempat sampah yang dilapisi kantung plastik. Lalu cuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik.

Jangan Berbagi Alat Pribadi

Orang yang menjalani karantina harus punya peralatan pribadi seperti alat makan, handuk hingga tempat tidur sendiri. Alat-alat ini juga harus dibersihkan secara rutin dan tidak digunakan oleh anggota keluarga yang lain.

Bersihkan Permukaan yang Kerap Disentuh

Permukaan-permukaan yang sering disentuh harus dibersihkan pula. Contohnya meja, pintu, toilet, ponsel yang kemungkinan besar kerap disentuh harus dibersihkan dengan disinfektan. Tujuannya tentu mencegah virus menempel pada area tersebut yang berpotensi menyebar ke orang lain.

Monitor Gejalanya

Orang yang menjalani karaktina juga harus menyadari gejala-gejala yang ada. Seperti rutin mengecek suhu tubuh. Dan jika dirasa semakin memburuk maka harus segera melapor ke layanan kesehatan dan gunakan masker sebelum meninggalkan rumah.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio