Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Peringati Hari Kanker Sedunia, Kenali Gejalanya yang Jarang Disadari

04 Februari 2020 17:40 | 760 hits

DREAMERS.ID - Taggal 4 Februari diperingati sebagai World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Menurut sebuah studi oleh Cancer Reseach UK, lebih dari setengah orang dewasa mengalami tanda-tanda yang bisa berarti kanker namun hanya 2% diantaranya yang percaya bahwa itu adalah gejala kanker, dikutip dari Women Health Mag, berikut adalah delapan gejala yang perlu diwaspadai menurut para peneliti.

1. Batuk dan suara serak terus-menerus

Batuk memang sesuatu yang tidak perlu dikhaatirkan secara lebih. Namun batuk yang terdengar mengganggu dan terus menerus atau bahkan mengeluarkan darah tentu harus mendapat perhatian lebih karena bisa menjadi kemungkinan kanker paru-paru.

2. Kebiasaan buang air berubah

Masalah buang air besar seperti pembuangan yang tidak lancar bisa menjadi tanda kanker usus besar. “Jika ada darah dalam air seni, itu bisa mengindikasi kanker kandung kemih atau ginjal, tapi umumnya ini adalah tanda dari infeksi saluran kemih,” Therese Bartholomew Bevers, M.D.

3. Rasa sakit berkelanjutan

“Kebanyakan rasa sakit bukanlah tanda kanker, namun rasa sakit yang berkelanjutan harus diperiksakan,” kata Bartholomew Bevers. Rasa sakit yang terus menerus pada bagian tubuh seperti kepala, dada, dan perut, perlu diperiksakan apakan bagian tubuh tersebut terdapat kanker.

4. Perubahan tahi lalat

Sementara tidak semua tahi lalat adalah indikasi melanoma, tahi lalat baru atau yang mengalami perubahan adalah sesuatu yang harus diperiksakan ke dokter kulit yang mungkin saja mengarah ke kanker kulit.

5. Pendarahan tiba-tiba

Pendarahan pada daerah kewanitaan di luar dari periode menstruasi dapat menjadi tanda awal dari kanker rahim.

6. Turun berat badan tanpa sebab

Berat badan yang tiba-tiba turun tanpa usaha apaun seperti olahraga atau diet dapat menjadi perhatian yang mengindikasi pada masalah medis yang serius. Salah satu dari masalah serius itu adalah tumor.

7. Benjol/bengkak tanpa sebab

Benjolan yang terjadi tanpa sebab dapat menjadi tanda kanker sama seperti tahi lalat. Benjolan pada daerah dada bisa menjadi tanda kanker payudara.

8. Susah menelan

Dua jenis kanker mungkin menjadi pertanda dari gejala ini yaitu kanker leher dan kerongkongan. “Orang dengan gejala ini seringnya akan mulai merubah makanan mereka seperti memakan makanan yang lebih lembut tanpa berpikir hal itu akan menjadi hal yang lebih serius.”

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio