Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Tips Amankan Barang Berharga Saat Travelling

10 November 2013 10:00 | 4610 hits

Diberbagai negara, wisatawan asing sering menjadi target kriminal, khususnya pencopet. Hal ini disebabkan adanya anggapan para traveler ini umumnya memiliki banyak uang  dan telah mampu berpergian ke luar negeri.

Paspor merupakan barang yang diincar oleh pencopet atau geng  kriminal. Karena benda ini bisa dimanfaatkan untuk perdagangan manusia. Begitu juga dengan uang tunai dan kartu kredit. Bahkan barang kurang berharga bisa dijual ke pasargelap.

Dilansir dari Helium berikut beberapa tips untuk mencegah kamu menjadi  target kejahatan:

1. Fotokopi Dokumen Penting
Peraturan pertama agar selalu aman saat bepergian adalah, selalu fotokopi dokumen-dokumen penting seperti paspor, visa, kartu identitas diri dan kartu asuransi bila ada. Buat beberapa rangkap dan simpan di tempat-tempat yang berbeda. Misalnya satu di koper, satu di tas tangan dan satu lagi di kotak deposit hotel (bila ada). Hal ini untuk mengantisipasi jika paspor asli  hilang, dan memudahkan pengurusannya.

Baca juga: Main ke Nihiwatu, 'Surga Dunia' yang Menjadi Spot Surfing Legendaris

2. Tampil Sewajarnya
Jangan tampil terlalu mencolok khususnya di tempat umum. Hindari memperlihatkan uang tunai dalam jumlah banyak atau mengenakan arloji mahal. Sangat penting untuk berpenampilan seadanya agar tidak menarik perhatian para pencopet.

3. Jangan Simpan Barang Berharga di Kamar Hotel
Jangan berpikir kamar hotel adalah tempat teraman untuk menyimpan barang-barang berharga. Kamar hotel sangat mungkin diakses penyusup, meskipun mungkin hotel sudah menjamin keamanan kamar. Akan lebih aman jika meminta fasilitas kotak deposit, tapi cek juga batas asuransi dan seberapa besar hotel bisa menjamin keamanannya.

4. Manfaatkan Kantung Usang
Jika masih ragu menyimpan di kotak deposit atau menitipkannya pada concierge, kamu tetap bisa menyimpan barang berharga di kamar hotel atau membawanya saat jalan-jalan. Tapi perlu trik khusus. Jika biasanya menaruh laptop di tas, taruhlah di bawah kasur. Bisa juga menggunakan kantung perca yang sudah usang untuk membawa kartu kredit, jam tangan atau perhiasan lainnya saat tak digunakan.

5. Jangan Menaruh Uang di Tas Tangan
Tas tangan bukanlah tempat yang aman untuk menaruh uang, paspor dan kartu kredit. Disarankan menyimpannya di tas pinggang yang dikenakan di balik pakaian. Ini merupakan cara terbaik untuk melindungi barang berharga.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio