Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Intip Makanan Teringan di Dunia, Hanya Terbuat Dari Udara?

14 November 2019 15:34 | 1299 hits

DREAMERS.ID - Dessert merupakaan salah satu hidangan yang paling disukai oleh setiap orang. Dessert biasanya identik dengan sesuatu yang manis, seperti ice cream, kue, dan cokelat. Namun, bagaimana rasanya jika dessert yang kamu santap terbuat dari udara?

Seniman dari Bompass & Parr, Inggris, bekerja sama dengan ilmuwan di laboratorium Aerogelex, Jerman, untuk membuat dessert paling ringan di dunia. Mereka melakukan eksperimen dengan memindahkan sifat-sifat bahan padat paling ringan di dunia untuk dijadikan sebuah dessert.

Dessert ini meniru konsep Aerogel, padatan teringan di dunia. Aerogel merupakan benda padat dengan tingkat kepadatan sangat rendah yang mengandung udara sekiar 95-99,8 persen. Aerogel dapat dibuat dari sejumlah bahan seperti silica, aluminium oksida, timah, dan karbon. 

Baca juga: Restoran Ini Rilis Dessert Terinspirasi dari Ungkapan Cinta V BTS

Dalam pembuatan dessert ini, ilmuwan menggunakan Albuminoid, protein globular yang terdapat di dalam putih telur. Albuminoid itu kemudian diolah menjadi kue busa atau meringue. 

Pertama kali, ilmuwan mengolah putih telur dalam sebuah cetakan lalu direndam dalam bak kalsium klorida dan air. Cairan di dalam meringue diganti dengan karbon dioksida cair, yang dapat diubah menjadi gas dalam proses pengeringan. 

Hasilnya, dessert meringue akan terlihat seperti kue busa yang berwarna putih dan merah muda. Hanya saja, 96 persen dari kue yang memiliki berat sebanyak 1 gram ini merupakan udara. 

Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti bagaimana rasa dari makanan teringan di dunia ini. Dikutip dari video yang diunggah Bompas & Parr, pembuatnya menjuluki kue ini sebagai Taste the Sky. Desser teringan di dunia ini juga sempat dipamerkan di Arab Saudi akhir Oktober lalu.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio