Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bolehkah Suntik Vitamin Saat Lelah?

16 Februari 2012 14:20 | 6192 hits

Dreamers.co.id – Profesional muda dengan kesibukan aktivitas membuat dirinya kelelahan. Tapi untuk mensiasati hal tersebut, mereka menggunakan suntik vitamin C agar tubuhnya kembali segar. Lantas bahayakan suntik vitamin C ketika tubuh tengah kelelahan?

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh BMC Nutrition Journal 2012. menunjukkan dosis vitamin C yang disuntikkan melalui intravena bisa mengurangi kelelahan secara signifikan, seperti dikutip dari MedIndia.

Suntik vitamin C melalui intravena di temukan bisa mengurangi kelelahan pada pekerja kantoran yang sibuk. Berdasarkan uji klinis melibatkan 141 sukarelawn sehat berusia 20-49 tahun menghasilkan data yang konsisten.

Kelelahan merupakan salah satu keluhan yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari dan diyakini penyebabnya adalah stres oksidatif. Terkadang kondisi ini diikuti dengan kelemahan dalam melakukan aktivitas fisik dan nyeri sendi yang merupakan gejala umum dari sindrom kelelahan kronis.

Pemberian vitamin C melalui oral atau diminum memberikan sedikit perbaikan dalam tingkat plasma vitamin C. hal ini karena ketika dikonsumsi secara oral, vitamin C mengalami metabolisme yang luas, dan sebagian besar  obat telah hilang dalam proses ini.

Baca juga: akmu

Sedangkan pemberian vitamin C melalui suntikan intravena ini bisa langsung masuk ke dalam vena, sehingga menjamin bahwa obat yang disuntikkan akan memberikan efek yang diperlukan. Hal ini karena vitamin C mengandung antioksidan yang terbukti mengurangi stres oksidatif.

Hasil studi ini menunjukan suntikan intravena vitamin C bisa mengurangi kelelahan dalam waktu 2 jam dan efek ini berlangsung selama 1 hari. Variabel yang terlibat dalam studi ini adalah skor kelelahan, stres oksidatif dan plasma vitamin C yang diukur sebelum penyuntikkan serta 2 jam setelahnya.

Sementara itu, dalam studi ini tidak ditemukan efek samping yang  signifikan. Tetapi studi hanya dilakukan pada individu sehat dan dalam waktu yang singkat, sehingga penelitian lebih lanjut diperluan untuk menentukan peran vitamin C dalam mengusir kelelahan.

Meski begitu suntik vitamin C ini hanya boleh dilakukan pada kondisi medis tertentu, peresepan dari dokter dan dilakukan oleh tenaga ahli, sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini karena jika terjadi kesalahan dalam teknik penyuntikkan bisa membuat vitamin C nyasar ke jaringan otot atau lemak disekitar lokasi suntik bisa menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio