Dreamland
>
Berita
>
Article

Fenomena Embun Es di Kabupaten Bandung Karena Cuaca Ekstrim

18 Juli 2019 15:35 | 890 hits

DREAMERS.ID - Tak hanya di dataran tinggi Dieng yang mengalami cuaca ekstrim hingga menimbulkan fenomena es, namun di Bandung ternyata juga muncul suhu super dingin yang mengakibatkan embun es terjadi di kawasan perkebunannya.

Tepatnya di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung mengalami 9 derajat Celsius yang mengakibatkan embun es muncul pada Kamis (18/7) pagi. Embun beku tersebut terpantau di jalan raya sekitar Desa Tarumajaya.

Melansir CNN, suhu 9 derajat itu terjadi sekitar 05.00 WIB pagi. Warga sekitar pun menuturkan jika sebenarnya suhu dingin di wilayah tersebut terasa setidaknya sejak sepekan terakhir. Di mana suhu dingin terasa paling menusuk tulang pada Selasa (16/7) pagi.

"Dinginnya terasa berbeda dari biasanya. Kalau sekarang [suhu tadi malam] sampai 0 derajat celcius, dilihat dari termometer di pabrik," kata Igin, warga sekitar. "Hari ini lebih mendingan dinginnya dibanding kemarin. Kalau embun beku memang sudah ada," 

Sebelumnya, pada Selasa lalu, Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin jika suhu terdingin rata-rata di Bandung saat puncak kemarau periode Juli mencapai 16.4 derajat celsius.

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

"Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama bulan Juli 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat celsius pada tanggal 12 Juli 2019," kata Iid dalam keterangan tertulisnya.

"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," kata Iid.

Pada saat musim kemarau angin bertiup yang melewati Jawa Barat, merupakan angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia dan pada bulan Juli, Agustus, September di Australia sedang mengalami puncak musim dingin. Sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan.

 

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio