Dreamland
>
Berita
>
Article

Meski Disebut Hoax, Ini Lho Susunan Kabinet Jokowi yang Bikin Heboh Jagat Maya

17 Juli 2019 11:10 | 53818 hits

DREAMERS.ID - Dalam semalam, sebuah dokumen yang disinyalir berisi nama-nama menteri di Kabinet Kerja Jilid II Presiden Terpilih Jokowi Periode 2019-2024 tersebar dan membuat heboh jagat dunia maya. Pasalnya, dokumen tersebut terkesan cukup meyakinkan selayaknya hasil rapat.

Dari judulnya tertera tulisan ‘Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden Dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024’. Berkas berformat PDF itu tercantum nama-nama dari hasil rapat pengangkatan menteri Jokowi-Ma’ruf di Sentul City International Convention Center Bogor, Minggu (14/7).

Hal ini pun buru-buru diklarifikasi oleh pihak terkait. Yang pertama adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat memastikan jika daftar tersebut adalah hoax atau berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

"Wah opo ini, enggak, enggak," kata Djarot melansir CNN Indonesia.

Dalam daftar itu terdapat sejumlah nama menteri petahana di antaranya yakni Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Lalu ada pula nama lama dengan jabatan baru, yakni Seskab Pramono Anung menjadi Mensesneg, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Negara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang dipasang sebagai Menko Perekonomian.

Yang mencuri perhatian adalah nama-nama baru dalam kabinet ini yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prananda Prabowo, Menteri Pariwisata Dedi Mulyadi, Menteri Perindustrian Soetrisno Bachir, Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Grace Natalie.

"Kalau menurut saya enggak benar," tegas Djarot.

Tak hanya Djarot, namun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah mengeluarkan pernyataan lewat laman resminya bahwa struktur rancangan susunan kabinet kerja jilid II Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024 adalah hoaks. 

Kominfo kemudian mengutip informasi dari Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Kemenangan Nasional (TKN), Usman Kansong menyatakan bahwa susunan Kabinet Indonesia Kerja Jilid II itu tidak benar.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio